Sukses

Cara Ampuh Hilangkan Bau Tak Sedap pada Helm

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat disanggah jika masuk musim hujan, helm akan mudah basah. Hal ini pula membuat peranti yang wajib digunakan dalam berkendara itu akan membuat lembab dan menyebabkan bau apak.  

Bisa saja pemilik helm menghilangkan bau tersebut ke tempat pencucian helm. Namun begitu, seringkali kali pemilik helm mengaku tidak ada waktu untuk pergi ke tempat pencucian helm.

Selain itu, soal harga menjadi alasan mereka enggan menggunakan jasa cuci helm.

Namun ternyata, menurut sejumlah sumber, untuk menghilangkan bau tak sedap, ada cara yang paling mudah dah hemat biaya, yaitu dengan cara-cara sederhana, yaitu hanya menggunakan lap lembut hingga sampo bayi.

Mau tahu caranya, berikut beberapa tahapan membersihkan helm:

Pertama, lepas semua bagian helm seperti kaca dan kain busa pada helm. Jangan lupa, ingat posisi bagian yang dilepas tersebut agar tidak bingung saat akan memasangkannya kembali.

Setelah semua terlepas, siram helm bagian luar, dalam, dan kaca dengan air hangat secara menyeluruh.

Berikutnya, usapkan sampo bayi, kemudian gosok seluruh bagian helm dengan tangan atau lap, kemudian bilas. Lakukan hal itu baik luar maupun dalam helm beberapa kali sampai benar-benar bersih.

Jika langkah tersebut selesai, keringkan helm menggunakan kipas angin.

Cara membersihkan kaca helm

Setelah bagian luar dibersihkan, jangan lupa kaca helm pun perlu dilakukan hal sama, siram lebih dahulu dengan air hangat.

Kemudian, cara membersihkannya, campur air dengan sampo bayi. Aduk hingga menghasilkan busa. Selanjutnya, permukaan lembut atau busa, diusap ke bagian kaca helm hingga rata.

Perlu diingat, pada bagian luar, jangan menggunakan cairan kimia apapun, karena bisa mengikis lapisan kilap. Setelah semua dibersihkan dan helm telah kering, rakit kembali seluruh bagian helm dengan benar. Usahakan terus bersihkan helm dengan cara ini minimal satu bulan sekali agar terhindar dari bau tak sedap.

Bagaimana mudah kan? Silahkan dicoba…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Musim Hujan Helm juga Harus Dirawat, Begini Caranya

Helm merupakan perangkat wajib para biker wajib diperhatikan. Sebab, di musim hujan, helm kesayangan bisa menjadi masalah. Mulai dari bau apek, kaca berjamur, dan lecet.

Supaya tidak terjadi masalah lanjutan, ada baiknya biker melakukan langkah perawatan. Tidak perlu ke tempat pencucian helm karena perawatan ini relatif mudah.

Nah, kali ini dilansir FIFGroup, ada beberapa tips cara merawat helm yang baik dan benar. Berikut ulasannya:

- Buka kaca penutup, khususnya pada helm fullface. Jika terus dibiarkan, udara pengap dan bau bekas keringat kepala akan menempel pada busa helm. Helm yang tak terkena panas matahari juga menjadi salah satu penyebab bau tak sedap pada helm.

- Jemur helm setelah digunakan. Jadwalkan menjemur helm setidaknya seminggu sekali atau usai perjalanan jauh untuk mengantisipiasi bau. Letakkan helm terbalik saat dijemur agar memudahkan penguapan keringat di dalam helm.

- Berikan ventilasi saat disimpan. Meski tidak digunakan, perhatikan ventilasi agar sirkulasi udara berjalan baik saat Anda menyimpannya di suatu tempat.

- Gunakan wewangian. Untuk menghindari bau tak sedap pada helm, bisa menyemprotkan wewangian. Namun, pilih minyak wangi dengan kadar alkohol yang rendah. Pasalnya alkohol mampu membuat busa helm cepat kering dan kisut.

- Gunakan wewangian berkadar alkohol dengan tepat pada kaca. Caranya, semprotkan dari jarak jauh, tidak menggunakan banyak-banyak, dan segera bersihkan dengan kain atau tisu untuk mencegah timbulnya jamur.

- Gunakan helm saat rambut kering. Beberapa produk rambut, seperti pomade, minyak rambut, conditioner, atau bahkan belum mengeringkan rambut bisa memancing timbulnya jamur dan bau karena kondisi helm menjadi lembab.

Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas
Artikel Selanjutnya
Empat Cara Ampuh Mencegah Aroma Tidak Sedap pada Mobil