Sukses

Setelah Wuling, Sokon Resmi Buka Pabrik di Indonesia

PT Sokonindo Automobile (Sokonindo) APM merek Sokon meresmikan pabrik barunya di kawasan industri Modern Cikande, Serang, Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya Wuling Motors, kali ini perusahaan otomotif lain asal Tiongkok membuka pabriknya di Tanah Air. PT Sokonindo Automobile (Sokonindo) APM merek Sokon meresmikan pabrik barunya di kawasan industri Modern Cikande, Serang, Banten, Selasa (28/11/2017).

Pabrik mobil Sokon berdiri di atas lahan 20 hektare. Dari sini Sokon mampu memproduksi 50.000 unit per tahun.

Semua perakitan mobil Sokon telah menggunakan teknologi dan peralatan cukup canggih. Contohnya lengan-lengan robot untuk pencetakan pelat baja (stamping), pengelasan (welding), pengecatan (painting), perakitan (assembling), serta proses kontrol kualitas (quality control).

Menurut CO-CEO PT Sokonido Automobile, Alexander Barus, hadirnya pabrik ini membuat Sokon fokus pada kualitas produk. "Dengan memiliki pabrik berteknologi tinggi, kami dapat memastikan kualitas produk-produk yang kami miliki. Ini merupakan smart factory berstandar internasional dengan kepresisian tinggi sekaligus memiliki daya saing yang juga tinggi," ucap Alexander saat peresmian pabrik PT Sokonindo Automobile.

Alexander menyatakan, pabrik Sokon ini dirancang untuk memproduksi mobil sport utility vehicle (SUV), multi purpose vehicle (MPV), serta kendaraan niaga ringan.

Tak sekadar ekspansi, pabrik Sokon juga membuka lapangan kerja baru karena mampu menyerap tenaga kerja asal Indonesia, jumlahnya 90 persen. Sebelum menjadi karyawannya, mereka terlebih dahulu mendapatkan binaan dan pelatihan agar menjadi tenaga kerja mahir di bidang otomotif.

Menurut Alexander, saat ini pabrik Sokon telah menciptakan lapangan kerja untuk 2.000 orang. Angka tersebut belum termasuk 4.000-5.000 tenaga kerja yang berhubungan langsung dengan mata rantai dan distribusi, mulai dari pemasok komponen hingga pekerja di dealer.

Simak Video Pilihan Berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Pasar Sokon

Meskipun pabrik Sokon hadir di Banten, mobil-mobil yang diproduksi Sokon tak hanya untuk pasar lokal, tetapi juga diekspor ke sejumlah wilayah di Asia Tenggara.

Di Indonesia, Sokon juga akan melebarkan sayap dengan mengembangkan sejumlah jaringan penjualan dan layanan purnajual di penjuru Tanah Air.

Untuk saat ini, Sokon memiliki 30 dealer yang melayani penjualan dan purnajual. Rencananya, dalam tiga tahun ke depan, jaringan layanan penjualan dan purnajual akan bertambah hingga 150 dealer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.