Sukses

Banyak Pekerja Wanita, Menperin Puji Pabrik Mobil Sokon

Liputan6.com, Serang Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto ikut meresmikan pabrik mobil Sokon, PT Sokonindo Automobile yang berdiri di atas lahan seluas 20 hektar di Kawasan Industri Cikander, Serang, Banten, Selasa (28/11/2017).

Dalam sambutannya, kader partai Golkar tersebut mengapresiasi pabrikan asal China itu. Karena pabrik Sokon mampu menampung lapangan pekerjaan hingga 2.000 karyawan. Tak terkecuali para wanita.

“Kami berbicara dengan beberapa pekerja, dan ada pekerja wanita di assembling (perakitan), welding (pengelasan), jadi suatu hal yang berbeda dari yang ditampilkan Sokon Indonesia dan patut kami apresiasi sebesar-besarnya,” ujar Airlangga disambut tepuk tangan tamu undangan.

Benar saja, dari pantauan Liputan6.com saat melakukan factory visit, terlihat beberapa wanita lengkap dengan hijab merah menunjukkan keahliannya dalam merakit mobil Glory 580.

Hal tersebut juga dilakukan seorang dara bernama Rosita Kusuma. Dia pun terlihat cekatan saat memasang beberapa komponen ke dalam mobil.

“Iya, semua sama bisa pasang (komponen),” ucap wanita asli Serang yang akrab disapa Ita.

Tak hanya Ita, seluruh wanita yang bekerja di assembling dan welding juga bekerja sesuai jam kerja tanpa dibeda-bedakan dengan kaum Adam.

Jelas, keberadaan Ita dan kawan-kawan mematahkan stigma wanita tak bisa bekerja di bidang otomotif.

Saat ini pekerja pabrik Sokon menyerap sekitar 376 karyawan dari Indonesia dan 39 tenaga kerja asing. Namun ke depan, pabrik ini menargetkan jumlahnya tenaga kerja mencapai 2.000 orang, di mana 95 persen berasal dari Indonesia dan karyawan wanita mencapai 50 orang.

1 dari 2 halaman

Karyawan Wanita Mencapai 50 Orang

Artikel Selanjutnya
TAU, Perusahaan Jepang Spesialis Mobil Rusak
Artikel Selanjutnya
Top3: Turbocharger dan Risiko Kebakaran Mobil