Sukses

Sokon Glory 580 Lawan Dominasi SUV Jepang, Punya Modal Apa?

Liputan6.com, Jakarta Pasar otomotif nasional akan segera kehadiran sosok Sport Utility Vehicle (SUV) terbaru, yaitu Sokon Glory 580. Mobil dengan kapasitas tujuh penumpang ini digadang-gadang hadir untuk menyaingi Honda CR-V, Nissan X-Trail dan Mazda CX-5.

Sebelum resmi meluncur, awak media termasuk Liputan6.com berkesempatan melongok bagaimana pembuatan Sokon Glory 580 di dapur produksinya yang dikelola PT Sokonindo Automobile di kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten.

Nah, mau tau apa saja yang membuat Sokon sangat percaya diri terjun di kelas SUV menghadapi pabrikan otomotif asal Jepang? Rencananya, Sokon Glory 580 akan dijual dengan banderol antara Rp 300-350 juta mulai Februari 2018.

Berikut penampakan Sokon Glory 580 yang memiliki panjang 4.680 mm, lebar 1.845 mm dan tinggi 1.715 mm.

Eksterior

Secara kasat mata, aura mobil tersebut memang terlihat seperti SUV pada umumnya. Namun sejumlah orang merasa, Glory 580 ini sangat mirip Honda CR-V generasi keempat, bahkan ada juga yang mengaggap mirip Volkswagen Tiguan.

Akan tetapi jika lebih detail, tentu saja, anggapan yang beredar tidaklah benar. Lihat saja pada desain bagian headlamp atau lampu utama dan lampu kabut juga berbeda.

Mobil ini telah memiliki LED daytime running light yang mereka sebut eagle-eye shaped di lampu utama. Hal ini pula yang membuat Glory 580 justru mirip mobil-mobil keluaran Eropa.

Sedangkan yang membuat mirip CR-V ternyata karena bagian depan yaitu bilah gril yang juga dilapisi chrome.

Kemiripan lekukan jendela juga mirip dari depan hingga belakang. Namun saat dilihat detail, jelas tak sama. Apalagi garis-garis mobil ini telah dilengkapi LED side turning lamp.

Bahkan, bodi samping pun berbeda, karena guratan pada bodi Sokon Glory 580 mengalir dari bumper hingga bokong tanpa melewati handle pintu.

Sedangkan bagian bokong jelas berbeda. Mobil ini pun telah menggunakan dual C-shaped tail lamp, serta spoiler yang telah dilengkapi lampu LED.

 

1 dari 3 halaman

Interior

Masuk ke dalam interior juga tak bisa dianggap remeh, mobil dengan jumlah tiga baris ini memiliki kombinasi 2+3+2 dengan desain tergolong mewah.

Bagian joknya cukup lembut dengan menggunakan leather cushion. Bagian jok ini pun terlihat keren, karena bagian jahitannya sangat memberikan kesan alami bukan sekedar hiasan seperti tempelan.

Melihat pada bagian stir juga tak ada kesan murah, balutan kulit melapisi seluruh lingkar kemudi, serta dengan tambahan audio control yang memudahkan pengemudi mengatur saat mendengarkan musik pada sistem hiburan.

Kecanggihan mobil ini juga berkat dilengkapi layar berukuran delapan inci yang dapat terkoneksi ke smartphone. Bagian pendingin ruangan juga telah dilengkapi dengan dual electronic AC.

Menariknya lagi mobil ini telah dilengkapi push start/stop engine dan intelligent key. Hal ini pula menambah nilai lebih mobil tersebut.

Semua baris mobil ini juga telah dilengkapi dengan soket listrik sehingga dapat mencharging gadget. Hal ini memberikan kesan zaman now.

Kesan mewah lainnya pun ditampilkan dengan hadirnya sunroof yang tersedia di semua tipenya.

Glory 580 juga memiliki fitur menarik yang jarang dimiliki semua kompetitor, yakni in-dash camera yang berfungsi untuk merekam perjalanan mobil.

Tuas rem tangan hilang, dan digantikan tombol elektronik, sehingga untuk menggunakan rem parkir hanya melalui sentuhan jari.

2 dari 3 halaman

Mesin

Untuk bagian jantung pacu, Sokon menghadirkan dua pilihan mesin yaitu 1,8 liter (MT), dan 1,5 liter turbo (6 MT/CVT).

Untuk mesin 1,8 liter MT mampu memuntahkan daya hingga 136 Tk dan torsi 187 Nm. Sedangkan untuk tipe 1,5 liter Turbo (CVT dan 6 MT) sama-sama menghasilkan daya 147 Tk dan torsi 220 Nm.

Ketangguhan mesin-mesin ini juga ditopang dengan tenaga penggerak roda depan, serta dibantu suspensi depan dari McPherson Independent dan belakang torsion beam. Masing-masing kaki-kaki mobil ini dilengkapi dengan pelek berukuran 17 inci.

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Tak kalah menariknya, mobil ini telah dilengkapi dengan kantong udara atau airbag sebanyak empat buah. Airbag tersebut terletak dua di depan dan dua di samping.

Selain itu mobil ini telah dilengkapi dengan fitur anti lock braking sistem (ABS), electronic parking brake (EPB), juga Electronic brakeforce distribution (EBD), dan electric stability program (ESP). Ban mobil ini dapat dipantau dengan keberadaan Tyre Pressure Monitoring System (TPMS).

Perlengkapan lainnya juga ada seperti sabuk pengaman, child lock, child seat ISOFIX IX Interface dan lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Komentar 5 Pemain Italia Setelah Menang Tipis atas Israel
Artikel Selanjutnya
Start Cemerlang, Mata Yakin MU Juara Liga Inggris