Sukses

Pilih Toyota Rush atau Honda HR-V?

Liputan6.com, Jakarta All new Toyota Rush yang diprediksi berharga Rp 243,9 - 268,55 juta (dilansir oto.com), tidak saja mengancam LMPV bergaya SUV seperti Mitsubishi Xpander maupun Honda BR-V. Bahkan, SUV kompak seperti Honda HR-V yang dibanderol Rp 272 - 377 juta bisa terkena dampaknya.

Liputan6.com akan membandingkan varian Rush dan HR-V yang harganya berdekatan, yaitu Toyota Rush TRD Sportivo AT (varian tertinggi dengan perkiraan harga Rp 268,55 juta) dengan Honda HR-V 1.5 S MT (varian terendah dengan harga Rp 272 juta).

Dimensi

All new Toyota Rush memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.705 mm. Jarak sumbunya 2.685 mm dengan ground clearance 220 mm. Peleknya mengadopsi ukuran 17 inci.

Honda HR-V memiliki panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, dan tinggi 1.580 mm. Jarak sumbunya 2.610 mm dengan ground clearance 185 mm. Peleknya mengadopsi ukuran 17 inci.

Dari segi kapasitas penumpang, Toyota Rush sanggup menampung hingga 7 penumpang, sedangkan HR-V dioptimalkan untuk 5 penumpang. Tidak heran jika Toyota Rush unggul dari segi panjang. Sedangkan HR-V memiliki lebar sedikit lebih panjang dari Rush.

Dari segi ground clearance, Toyota Rush boleh berbangga hati. Sedangkan ground clearance HR-V terbilang rendah karena genrenya termasuk ke dalam mobil crossover.

 

1 dari 4 halaman

Mesin dan Transmisi

Toyota Rush mengadopsi mesin 1,5 liter yang sudah terlebih dahulu digunakan oleh Toyota Avanza.

Mesin berkode 2NR VE tersebut sudah berteknologi DOHC dengan Dual VVT-i dengan kapasitas 1.496 cc. Tenaga yang dihasilkan 102 Tk pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 4-percepatan.

Honda HR-V mengandalkan mesin 1,5 liter yang menghasilkan tenaga 118 Tk pada 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada 4.600 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6-percepatan.

Berdasarkan data tersebut, Honda HR-V unggul dari segi tenaga maupun torsi yang dihasilkan oleh mesin. Namun, jika Anda memilih varian terendah maka transmisi yang didapat adalah jenis manual.

Untuk mendapatkan varian transmisi CVT, Anda perlu mengeluarkan dana ekstra sebesar Rp 10 juta. Sebenarnya transmisi manual bukanlah pilihan yang buruk bagi Anda yang menginginkan kebebasan penuh saat berkendara.

 

2 dari 4 halaman

Fitur Keselamatan

Upaya Toyota untuk melengkapi Rush dengan segudang fitur keselamatan patut diacungi jempol. Toyota Rush disemati 6 airbags, vehicle stability control (VSC), indikator untuk 7 sabuk pengaman, ABS, emergency brake signal (EBS), dan Hill-Start Assist HSA). Sistem pengereman di depan mengadopsi cakram, sedangkan di belakang mengadopsi tromol.

Honda HR-V juga dilengkapi dengan fitur keselamatan memadai, seperti airbag ganda untuk pengemudi dan penumpang depan, ABS+EBD+BA, vehicle stability assist (VSA), pengingat sabuk pengaman untuk pengemudi, motion adaptive EPS, dan hill start assist. Sistem pengereman depan dan belakang sudah mengadopsi cakram.

Fitur Modern

Toyota Rush kini dilengkapi fitur smart entry dan untuk menyalakan mesin cukup menggunakan tombol start/stop. Sedangkan fitur canggih Honda HR-V seperti one push ignition maupun electronic parking brake baru tersedia mulai dari varian HR-V 1.5 E CVT (dibanderol Rp 306 juta).

 

3 dari 4 halaman

Mana yang Lebih Baik?

Meskipun segmennya berbeda, namun dengan harga yang kompetitif ternyata Toyota Rush memiliki fitur canggih dan fitur keselamatan yang tidak kalah menarik dengan mobil yang dibanderol lebih mahal.

Tentu saja semua akan kembali kepada kebutuhan calon konsumen. Apakah membutuhkan mobil dengan kapasitas 7-penumpang, atau SUV  kompak dengan kepraktisan dan juga kelincahan. Jangan lupa untuk menyiapkan dana ekstra jika ingin SUV kompak dengan transmisi CVT.

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Alphard Murah Bikin Toyota Semringah
Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?