Sukses

Payung Sepeda Motor, Cocok untuk Emak-Emak Antar Anak ke Sekolah

Liputan6.com, Jakarta - Hujan memang bukan halangan untuk tetap beraktifitas. Terlebih bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan hanya mengandalkan sepeda motor sebagai armada transportasi.

Ternyata ada juga cara yang cukup praktis agar mobilitas di saat musim hujan seperti saat ini tidak menjadi halangan.

Ya, ternyata sepeda motor juga bisa menggunakan payung. Namun payung yang satu ini tidak seperti umumnya, yang kita gunakan sehari-hari.

Sebaliknya, payung ini bisa menutupi pengendara sekaligus sepeda motor dari terpaan hujan. Bahkan, bentuknya seperti terpal atau kanopi yang menggunakan bahan plastik warna bening.

Dengan begitu, pengendara juga tetap dapat melihat langsung jarak pandang ke depan. Dengan payung ini pengendara tak perlu menggunakan jas hujan.

Untuk mendapatkannya cukup mudah, salah satu akun jual beli @bukalapak menjual dengan banderol beragam, mulai dari Rp 250 ribu sampai RP 350 ribu.

Dengan menggunakan payung ini, selain pengendara, penumpang belakang juga bisa terhindari dari hujan. Bahkan, bisa juga digunakan untuk emak-emak saat mengantar anak ke sekolah.

Kendati begitu, belum diketahui apakah payung ini memenuhi unsur keselamatan. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi dalam sebuah sepeda motor, terutama standar keselamatan. Apakah payung ini mengganggu aerodinamika yang bisa membuat sepeda motor oleh ketika melaju.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

3 Trik Aman Berkendara Motor Saat Musim Hujan

Para pengendara sepeda motor harus lebih ekstra waspada saat berkendara di musim hujan. Sebab, jika tak berhati-hati mereka bisa saja terjatuh.

Karena itu, seperti dikutip NTMC Polri, Senin (27/11/2017), pengendara sepeda motor sebaiknya memperhatikan dan mengutamakan keselamatan berkendara, baik dari segi peralatan penunjang maupun cara berkendara saat hujan.

Tentu saja, keselamatan berkendara wajib dilakukan agar selamat sampai tujuan.

Adapun tips yang perlu diperhatikan bagi para pengendara sepeda motor saat musim hujan.

1. Helm SNI

Helm menjadi piranti wajib saat mengendarai motor, baik saat cuaca normal maupun hujan.

Saat musim hujan, helm full face adalah pilihan terbaik. Sebab, sewaktu berkendara wajah dan mata tidak terganggu oleh guyuran air yang dapat menyebabkan terganggunya penglihatan dan konsentrasi.

2. Jas Hujan

Agar tidak basah, jas hujan sangat diperlukan. Selain itu, jas hujan juga dapat menjaga suhu tubuh pengendara. Jas hujan yang digunakan sebaiknya berbentuk jaket dan celana.

Jas hujan berbentuk yang ponco atau jubah akan berisiko tersangkut di rantai atau roda. Selain itu, sebaiknya gunakan jas hujan berwarna cerah agar mudah terlihat pengendara lain.

Jangan sesekali menggunakan payung sewaktu berkendara dengan sepeda motor.

3. Sepatu

Jika hujan tiba, pengendara justru memilih menggunakan sandal karena dikwahatirkan akan menjadi basah. Namun demikian, penggunaan sandal lebih berbahaya jika terjatuh atau terkena pantulan kerikil.

Gunakanlah sepatu tahan air, atau paling tidak menggunakan penutup sepatu. Jika terpaksa menggunakan sepatu biasa, jangan menapakkan kaki Anda di atas mesin, khususnya jika Anda menggunakan motor cub.

Jika demikian, titik keseimbangan motor dan pengendara dapat berubah, tentu saja dapat memengaruhi pengendalian sepeda motor.

Artikel Selanjutnya
Puluhan Siswa SD Harus Seberangi Sungai untuk Sampai ke Sekolah
Artikel Selanjutnya
Bupati Lamongan Antusias Ikut Gowes Pesona Nusantara