Sukses

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Mobil?

Liputan6.com, Jakarta Saat mobil Anda sudah cukup berumur dan terlihat tua, terkadang sebuah pertanyaan terbesit dalam pikiran, "Sudah waktunya kah saya mengganti mobil?".

Jawabannya sebenarnya sangatlah sederhana, menggunakan mobil yang sudah dimiliki selama mungkin akan lebih ekonomis dibanding dengan membeli baru. Hanya saja, hal tersebut berlaku jika mobil dalam keadaan yang sehat, dan biaya perawatannya masih masuk akal.

Namun, ada beberapa kondisi yang akan lebih masuk akal jika menggantinya dengan mobil baru. Seperti ditulis howstuffworks, ceritanya akan sangat berbeda jika ongkos untuk mempertahankan mobil agar tetap berjalan lebih mahal dibanding dengan nilai mobilnya itu sendiri.

Jika mobil yang Anda gunakan sudah sering bermasalah dan menunjukkan gejala penyakit jangka panjang, Anda bisa mempertimbangkannya sendiri. Apakah mobil tersebut akan merepotkan nantinya atau tidak? Bayangkan jika Anda harus rela kehilangan momen penting dalam karir Anda akibat mobil mogok saat perjalanan bertemu klien.

Jika Anda sanggup memperbaiki mobil sendiri, atau mau berkorban waktu dan uang untuk menyelesaikan masalahnya hingga tuntas, mempertahankannya terdengar seperti ide yang masuk akal. Jangan lupa untuk menyimpan nomor roadside assistance jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

 

1 dari 2 halaman

Mobil Baru untuk Sekadar Gengsi?

Bila Anda tinggal di daerah yang cukup rawan saat mobil tiba-tiba bermasalah, hal tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk mengganti mobil. Apalagi jika pekerjaan Anda yang mengharuskan perjalanan panjang sehari-hari menggunakan mobil, tentu mobil baru akan lebih mendukung aktivitas sehari-hari.

Lain cerita jika Anda menganggap mobil sebagai simbol untuk memperlihatkan status Anda. Pertimbangan tersebut akan mempersulit menentukan waktu yang tepat untuk menjual dan membeli mobil baru. Pastikan perhitungan biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap bulannya.

Saat Anda sudah memutuskan untuk membeli mobil baru. Melakukan proses tukar tambah di dealer mungkin bukan ide yang terbaik. Mobil Anda bisa terjual dengan harga yang kurang memuaskan. Menjualnya sendiri dengan menunggu pembeli yang tepat akan mengoptimalkan harga mobil. Ingat, mungkin mobil Anda sudah tidak terlalu bernilai bagi Anda. Tapi di tangan yang tepat, mobil Anda bisa menjadi mobil idaman calon pembeli.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Tujuh Cara Jitu Menjual Mobil Bekas Secara Online
Artikel Selanjutnya
Sang Presiden Penggila Mobil Listrik