Sukses

Cek Komponen Ini Sebelum Berlibur dengan Mobil Pribadi

Liputan6.com, Jakarta - Desember menjadi bulan yang cukup ditunggu-tunggu. Sebab, di bulan terakhir ini, banyak tanggalan merah sehingga menjadi waktu yang tepat untuk berlibur bersama.

Namun di waktu bersamaan, semua orang pasti memikirkan hal yang sama. Karena itu, tak jarang memasuki musim libur panjang, kemacetan akan terjadi di mana-mana, hal ini akan menjadikan mood Anda berkurang.

Akan tetapi, seperti dikutip laman toyota.astra.co.id, setidaknya ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, mulai dari soal kendaraan itu sendiri, gaya berkendara dan keadaan di dalam kabin.

Pertama, kendaraan harus dalam kondisi prima. Pastikan dilakukan pengecekan pada beberapa bagian, terutama bagian radiator dan pendingin kabin atau AC.

Radiator yang baik bisa mencegah mobil bermasalah saat terjebak macet. Sementara AC bermanfaat agar suhu di dalam tak terpengaruh panasnya udara di luar.

Kemudian soal gaya berkendara. Saat macet, yang perlu dilakukan adalah mengurangi intensitas menginjak setengah kopling.

Hal ini bertujuan, agar kaki pengendara tidak cepat lelah serta tidak membuat kopling cepat panas dan aus. Disarankan memposisikan transmisi ke netral saat berhenti.

Tentu saja hal itu bertujuan untuk menjaga pedal kopling dari kemungkinan dapat terlepas, kalau misalnya pengendara lupa jika transmisinya dalam posisi aktif.

Sumber yang sama menyebut bahwa pada mobil matik, usahakan pula tidak menempatkan transmisi di D. Pasalnya posisi itu bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Sedangkan keadaan di dalam kabin. Seperti yang disampaikan kepala riset dan pengembangan di Focus on the Family Singapore,Vicky Ho, dikutip dari laman torque.com.sg, bahwa sebaiknya orang tua mengajak anak bermain dengan barang kesukaannya selama di dalam mobil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Pergi Jauh, Jangan Sembarang Pilih Kendaraan

Akhir tahun sebentar lagi, tentu hal ini menjadi momentum yang baik bagi Anda dan keluarga untuk travelling. Anda bisa melancong naik kereta atau pergi ke luar negeri dengan pesawat.

Namun, untuk merasakan pengalaman liburan yang berbeda, Anda bisa merencakan untuk bepergian menggunakan kendaraan pribadi, mobil misalnya. Nah, agar liburan Anda dan keluarga menyenangkan tak ada salahnya menyiapkan beberapa hal yang diperlukan.

Berikut beberapa tips yang diperlukan untuk bepergian dengan mobil.

Lokasi

Sebelum bepergian, Anda dan keluarga harus memutuskan lokasi yang akan didatangi. Cari tahu seluk beluk mengenai lokasi tersebut. Apakah lokasi tersebut ada dekat dengan penginapan dan destinasi wisatanya.

Selain itu, cermati pula rute yang Anda lalui. Jangan sampai, saat Anda bepergian jalur yang akan Anda tempuh tidak bisa dilalui. Alhasil, Anda dan keluarga akan membutuhkan waktu yang lama untuk sampai kesana.

Logistik

Berpergian jarak jauh dengan mobil, Anda perlu menyiapkan beberapa makanan dan minuman. Tentu, hal itu akan mencegah Anda dan keluarga lapar selama perjalanan. Apalagi, kalau Anda melewati jalur yang sepi, dimana jarang terdapat penjual makanan.

Just in case, bawalah beberapa camilan dan minuman untuk Anda sekeluarga. Pilihlah camilan yang mampu menjadi penahan rasa lapar sampai ke lokasi.

Memilih kendaraan yang tepat

Dari semua hal yang di atas, hal yang wajib dicermati adalah pemilihan mobil saat travelling. Jangan sampai perjalanan jauh Anda dan keluarga terganggu atau kurang nyaman karena salah memilih kendaraan.

Untuk itu, pilihlah mobil tipe MPV (Multiple Purpose Vehicle). Ingat, dari segi pemakaian jenis mobil jenis ini bisa memastikan perjalanan jauh jadi tetap menyenangkan.

Mobil tipe MPV memang bisa diandalkan, karena memiliki daya angkut penumpang cukup banyak (7 seater) dan juga kapasitas bagasi yang luas. Ini sangat cocok dengan karakter keluarga Indonesia.

 

Artikel Selanjutnya
Tujuh Cara Jitu Menjual Mobil Bekas Secara Online
Artikel Selanjutnya
Cara Hemat Liburan ke Luar Negeri Bersama Keluarga