Sukses

Deretan Motor Retro di Indonesia (Bagian 1)

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya sepeda motor jenis, trail, para pabrikan otomotif yang ada di Indonesia juga keranjingan untuk mendatangkan model motor berdesain lawas atau motor retro.

Terakhir, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menghadirkan varian terbaru W series, yaitu Kawasaki W175 yang mengadopsi desain naked bike terinspirasi sepeda motor Inggris.

Kawasaki menganggap kehadiran W175 lantaran motor retro tengah digandrungi pecinta roda dua.

“Khususnya yang meng-kustom motornya menjadi tampilan retro," ungkap Deputy Head Sales and Promotion Department KMI, Michael Chandra Tanadhi.

Kawasaki W175 disematkan mesin berkapasitas 177 cc satu silinder, mengadopsi karburator Mikuni VM24 sehingga menghasilkan tenaga 12,8 Tk pada 7.500 rpm, dengan torsi puncak 13,2 Nm pada 6.000 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5 -percepatan.

Tampang retro ini juga terlihat dari desain lampu depan mengadopsi multi-reflector, speedometer analog, tangki bahan bakar berbentuk teardrop, knalpot bergaya peashooter dan pipa header melengkung.

Untuk memberikan kenyamanan, motor yang dijual Rp 29.8 juta on the road Jakarta dilengkapi suspensi depan menggunakan telescopic fork boots dan shock breaker.

Nah, pada dasarnya, di Indonesia ada juga beberapa sepeda motor dengan gaya motor retro baik itu dengan transmisi matik, maupun manual.

 

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Untuk sepeda motor bergaya retro dengan transmisi matik, antara lain:

1. Vespa

Membahasa sepeda motor bergaya klasik, tentunya nama Vespa menjadi yang paling awal teringat. Meski saat ini Vespa mengusung transmisi matik, namun secara garis besar, motor ini dibuat dari setiap generasi tetap memberikan nuansa retro. 

Beberapa model Vespa yang saat ini hadir di Indonesia yaitu Primavera, Vespa LX, Vespa S, Vespa Sprint, dan Vespa GTS.

2. Honda Scoopy

Diantara sepeda motor Honda yang ada di pasar otomotif nasional, Scoopy menjadi skuter matik yang sangat kental dengan desain klasik.

Untuk jantung pacu, skutik ini telah dilengkapi mesin 4 langkah, SOHC, eSP, PGM-FI berkapasitas 125 cc yang mampu menghasilkan daya hingga 9 Tk pada 7.500 rpm dan torsi 9,4 Nm pada 6.000 rpm.

3. Yamaha Fino

Yamaha dan Honda memang saling bersaing, karena itu untuk segmen ini perusahaan dengan logo Garpu Tala itu menghadirkan Fino Grande.

Masalah dapur pacu, Yamaha Fino dibenamkan mesin 4 langkah, SOHC, silinder tunggal, berkapasitas 125 cc, yang menghasilkan daya hingga 9,3 Tk pada 8.000 rpm dan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

4. Peugeot Django

Skuter asal Prancis ini, resmi hadir di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 lalu. Peogeot Django ini hadir dalam tiga varian Peugeot Django Style Evasion, Style Sport, dan Style Allure.

Peugeot Django ini telah dilengkapi mesin 4 langkah, satu silinder berpendingin dengan kapasitas 150 cc yang mampu memuntahkan daya hingga 11,1 tk.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Top3: Empat Warna Suzuki Jimny dan XMax 250 Bikin Ketagihan
Artikel Selanjutnya
Galak Mana, Honda CB150R ExMotion atau CB150R StreetFire?