Sukses

Yamaha YZR-M1 Milik Rossi-Vinales Musim Depan Pakai Sasis 2016

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, telah mengkonfirmasi jika motor balap untuk MotoGP musim depan, bakal menggunakan sasis YZR-M1 2016. Hal tersebut diumumkan setelah tes privat tim pabrikan berlambang garpu tala, selama dua hari di sirkuit Sepang, Malaysia.

Dalam tes privat tersebut, pembalap berpaspor Italia ini, bersama rekan setimnya Maverick Vinales, dan pembalap Tech3, Johan Zarco melakukan perbandingan antara motor 2016 dan 2017. Demikian dilansir Motorsport.com, ditulis Sabtu (1/12/2017).

Tes ini dilakukan, setelah tes pramusim di Valencia, dan trio pembalap pabrikan asal Jepang ini menghabiskan waktu untuk mempertimbangkan motor mana yang menjadi basis untuk motor musim depan.

Pembalap berjuluk The Doctor ini menjelaskan, jika ketiga pembalap tersebut setuju Yamaha harus mengabaikan motor 2017.

"Kami mencoba motor musim 2016," ujar Rossi. "Kami selesaikan dan kami semua sepakat motor 2017 lebih buruk," tambahnya.

Lanjut Rossi, ia harus tetap melihat bagaimana bakal jadi motor anyar. Namun, motor baru tersebut akan ada beberapa hal yang menarik, tapi basisnya akan memakai motor 2016.

"Sekarang adalah saat kritis, antara sekarang dan Februari, dan Yamaha harus melakukan lompatan besar," tegasnya.

1 dari 2 halaman

Motor Rossi Hancur

Duo pembalap pabrikan berlambang garpu tala ini, yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales memperoleh hasil yang cukup memuaskan di tes pramusim, di Valencia, beberapa waktu lalu.

Untuk pembalap berjuluk The Doctor ini, menggunakan sasis 2016 dan mesin 2018, sedangkan rekan setimnya, Vinales, menggunakan sasis 2017 dan mesin 2018.

Namun sayang, dalam tes pramusim ini, pembalap bernomor 46 ini mengalami kecelakaan. Tidak tanggung-tanggung, Yamaha YZR-M1 yang digunakan Rossi hancur lebur karena kecelakaan tersebut. Beruntungnya, pembalap berpaspor Italia ini tidak mengalami cedera yang serius.

"Kecelakaan itu terjadi di tikungan ke sepuluh. Mungkin bannya dingin, dan saya sudah dua setengah putaran, dan kehilangan bagian depan. Saya tidak tahu, apakah saya keluar garis atau ban terlalu dingin. Saya tidak tahu," jelas Rossi dilansir Crash.net.

Meskipun terjatuh, Rossi cukup puas dengan hasil tes pramusim tersebut. Bahkan, ini mampu mencatatkan waktu tercepat keempat, di belakang Maverick Vinales di peringkat pertama, Johann Zarco posisi kedua, dan Marc Marquez di peringkat ketiga.

Artikel Selanjutnya
Sesi Pemanasan MotoGP Inggris: Iannone Pecundangi Marquez
Artikel Selanjutnya
FP3 MotoGP Inggris: Yamaha Dominan, Zarco Tercepat