Sukses

Canggih Mana, Sokon Glory 580 atau Honda CR-V Turbo?

Liputan6.com, Jakarta Sokon Glory 580 yang akan diluncurkan pada Februari 2018 mendatang akan meramaikan pasar SUV. Tidak tanggung-tanggung, lawannya adalah Honda CR-V Turbo yang sudah dikenal baik oleh konsumen Indonesia.

Meskipun lawannya adalah Honda CR-V Turbo, harganya sendiri diprediksi antara Rp 300 - 350 jutaan. Honda CR-V sendiri dibanderol antara Rp 432 - 506 juta.

Meskipun harganya terpaut jauh, ternyata fitur milik Sokon Glory 580 tidak bisa diremehkan. Pada kenyataannya, fitur yang disemati lebih canggih dibanding dengan mobil lain dengan harga yang setara. Keduanya pun sama-sama menawarkan dua pilihan mesin, yaitu naturally aspirated dan turbo.

Untuk melihat fitur terbaik dari masing-masing varian, kali ini Liputan6.com akan membandingkan varian tertinggi keduanya, yaitu Sokon Glory 580 1,5 Turbo Luxury CVT dan Honda CR-V 1,5 Turbo Prestige CVT.

 

1 dari 5 halaman

Mesin dan Transmisi

Sokon Glory 580 1,5 Turbo mengadopsi mesin 1,5 liter turbocharger yang menghasilkan tenaga 148 Tk dengan torsi puncak 220 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Honda CR-V 1,5t Turbo dipersenjatai oleh mesin 1,5 liter turbocharger bertenaga 187 Tk dengan torsi puncak 240 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT.

Meskipun keduanya memiliki kapasitas mesin yang sama dan disemati turbocharger, CR-V unggul dari segi tenaga maupun torsi puncak. Pengalaman Honda di dunia roda empat berhasil mengoptimalkan potensi dari mesin berukuran mungil tersebut.

 

2 dari 5 halaman

Fitur Keselamatan

Untuk urusan keselamatan, Sokon Glory 580 disemati dengan empat buah airbags yang terletak di depan dan samping baris pertama. Sistem pengeremannya sudah dilengkapi ABS maupun EBD dipadu dengan electric stability program dan electronic brake assist (EBA). Keamanan bodinya diklaim memenuhi standar bintang lima. Uniknya, terdapat alat perekam yang bisa digunakan sebagai barang bukti jika terjadi hal tidak diinginkan dan juga tyre pressure monitoring system (TPMS).

Honda CR-V dilengkapi dengan 6 airbags. Sistem pengeremannya dilengkapi ABS+EBD+BA dan juga emergency stop signal (ESS). Untuk mendukung kestabilan, sistem vehicle stability assist (VSA) siap menginterupsi jika mendeteksi gejala slip maupun limbung. Fitur hill start assist senantiasa membantu pengemudi untuk melahap tanjakan. Dari segi sasis, CR-V disemati teknologi G-Con + Ace.

Fitur keselamatan SUV asal Tiongkok tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa fiturnya terbilang unik, bahkan tidak dimiliki oleh SUV yang dibanderol lebih mahal.

 

3 dari 5 halaman

Fitur Penunjang Kenyamanan

Sebuah mobil tentu harus didukung dengan fitur yang mempermudah dan membuat penggunanya merasa nyaman. Sokon Glory 580 ternyata sudah mengadopsi fitur smart key dengan tombol start/stop untuk menyalakan mesin. Fitur sunroof pun disematkan untuk memberikan penerangan alami ke dalam kabin. Rem tangan konvensional dianggap ketinggalan zaman, sehingga electronic parking brake disematkan untuk mempermudah penggunanya. Bahkan sistem infotainment dilengkapi dengan navigasi. Lingkar kemudinya telah disemati berbagai fungsi.

Honda CR-V sudah menggunakan smart key dan tombol start/stop untuk menghidupkan mesin. Sunroof sudah menjadi kelengkapan wajib untuk memberikan keleluasaan saat ingin menikmati udara segar pegunungan. Rem parkir elektronik miliknya dipadukan dengan fitur auto hold. Sisten infotainment disemati teknologi nanoe dan juga sistem navigasi. Untuk mempermudah pengaturan tempat duduk, kursi bagian depan dilengkapi pengaturan secara elektrik. Lingkar kemudi miliknya disemati pengaturan sistem hiburan, cruise control, dan paddle shift untuk pengaturan transmisi.

 

 

4 dari 5 halaman

Pilih Mana?

Tidak bisa dipungkiri Sokon Glory 580 yang diperkirakan akan dibanderol Rp 300-350 juta menawarkan fitur yang cukup menggiurkan. Dengan selisih harga yang cukup signifikan, jika melihat data hitam di atas putih, Sokon Glory 580 terlihat istimewa. Hanya saja, tantangan terbesar dari Sokon adalah meraih hati dan kepercayaan calon konsumen seperti yang Wuling lakukan saat ini. 

Memang tidak mudah untuk merubah stigma masyarakat akan mobil asal Tiongkok, tapi tidak mustahil. Seperti Wuling Confero yang sedikit demi sedikit mulai terlihat eksistensinya di jalan raya. Langkah awal Sokon dengan Glory 580 yang kaya akan fitur merupakan pembuka yang tepat untuk memperoleh kepercayaan calon konsumen.

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Galak Mana, Honda CB150R ExMotion atau CB150R StreetFire?