Sukses

3 Tren Dunia Motor yang Wajib Ditunggu di Tahun 2018, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Bulan Desember telah tiba, tidak terasa dalam waktu dekat tahun akan berganti. Seiring dengan pergantian tahun, tren di dunia otomotif khususnya motor akan semakin berkembang.

Tren yang muncul di tahun 2018 tidak saja teknologi yang semakin canggih, beberapa pabrikan ternama malah menggoda konsumennya dengan motor-motor bergaya retro. Inilah tren roda dua di tahun 2018 dikutip dari popularmechanics.

1. Motor Baru Rasa Retro

AIM Expo menjadi tempat yang cocok bagi pemain roda dua untuk memperkenalkan produk barunya. Salah satunya adalah Yamaha dengan XSR700 dan SR400. XSR700 akan meneruskan tradisi XS650 dari era 70 - 80an. Bahkan SR400 terlihat sebagai motor yang dikirim langsung dari tahun 70-an. Mesin berkapasitas 399 cc pada SR400 memperkuat kesan retro, memberikan banyak celah untuk modifikasi.

Di Indonesia, tren motor baru dengan desain retro sudah mulai terlihat. Kawasaki yang meluncurkan motor retro dengan banderol harga terjangkau dapat menciptakan market baru. Apakah pabrikan lain akan melakukan strategi yang sama di tahun depan?

 

1 dari 2 halaman

2. Helm Semakin Canggih

Helm berteknologi seperti seri Momentum dari Sena dilengkapi dengan sistem komunikasi yang terintegrasi dan juga kamera. Pengaturan kamera terletak pada bagian kanan helm. Tidak hanya itu saja, terdapat fitur noise canceling yang membuat rider dapat mendengarkan suara dari lingkungan sekitar dengan menghilangkan suara distorsi.

Bagaimana cara bekerjanya? Empat buah mic menganalisa suara di sekitar, dan menghantarkan suara dari lingkungan sekitar. Misalkan suara mobil di samping atau suara raungan mesin. Masalah harga, helm canggih tersebut dibanderol mulai $499 (Rp 6,7 juta) hingga $699 (Rp 9,4 juta).

3. Motor Listrik Berperforma Tinggi

Motor listrik akan semakin menjamur, misalkan BMW yang memperkenalkan BMW C Evolution. Motor listrik ini akan mulai dijual tahun depan di California. Jarak tempuhnya diklaim mencapai 159 km dengan kecepatan puncak 128 km/jam. Lama pengisian berkisar 4 - 9,5 jam (tergantung tegangan yang digunakan). Teknologi motor listrik yang semakin berkembang membuat motor listrik tidak lagi membosankan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Top 3: Tantangan Internet Berujung Maut, Hari Patah Hati Nasional
Artikel Selanjutnya
2 Ritual Rossi yang Bikin Penasaran Penggemarnya