Sukses

Super Elastis, Ban Penjelajah Planet Mars Bikinan NASA

Liputan6.com, Jakarta New - York Rencana NASA untuk berkeliling planet Mars sepertinya bukan isapan jempol belaka. Bahkan, pihak NASA sudah mempersiapkan segalanya, termasuk kendaraan dan ban yang bakal digunakan di planet merah tersebut.

Tim peneliti NASA Gleen Research Center sudah memperkenalkan jenis ban baru, untuk digunakan di planet Mars. Ban ini bisa kembali ke bentuk asal, meskipun menghadapi situasi apa pun karena ban ini tidak terbuat dari karet, serta tidak diisi dengan udara.

Tim NASA membuat ban ini dari campuran nikel dan titanium, atau biasa disebut nitinol. Dengan bahan tersebut, ban untuk jelajah planet Mars ini menjadi superelastis.

"Material ini punya karakteristik unik yang bisa menata bentuknya kembali, untuk mengakomodasi perubahan partikel benda," kata Santo Padula, tim ilmuan NASA Glenn Research Center, melansir Playground+, ditulis Senin Senin (4/12/2017).

Kemampuan lain dari ban ini, yaitu bisa menahan beban benda yang lebih berat daripada ban-ban konvensional, Selain itu, ban ini juga bisa digunakan dalam kecepatan yang tinggi.

Untuk misi jelajah Mars, memang penting menggunakan kendaraan dan ban berteknologi canggih. Semua mesin teknologi dan kendaraan harus saling mendukung, agar tidak ada kendala seperti ban meletus saat di menjelajah di planet lain.

Untuk diketahui, NASA bahkan telah melakukan uji coba ban ini di kendaraan offroad, dan puas dengan hasil kerja ban tersebut.

Ban ini terdengar baik, namun biaya produksi untuk membuat ban ini masih terbilang tinggi. Meskipun begitu, peneliti NASA berharap bahwa ban tersebut nantinya bisa dipasarkan untuk menggantikan ban konvensional di Bumi.

1 dari 2 halaman

Mobil NASA

Mars Rover Concept merupakan mobil penjelajah ruang angkasa yang suatu saat nanti akan ditugaskan ke planet Mars.

Mobil ini dikembangkan bersama dengan insinyur NASA (National Aeronautics and Space Administration). Hasilnya? Mobil ini memiliki ukuran ekstra besar, berbobot 2,7 ton, tinggi 3,3 meter, dan sanggup menampung 4 orang.

Bentuknya yang extreme dan tangguh diperuntukkan untuk mengarungi kerasnya medan di Mars. Mars Rover Concept mengadopsi suspensi khusus dengan velg ekstra besar berukuran 50 inci yang didesain khusus untuk mengarungi gurun pasir di Mars. Ban tersebut didesain tidak membutuhkan udara, untuk mengurangi resiko saat eksplorasi di di Ruang Angkasa.

Dikutip dari Carscoops, Nasa mengungkapkan Mars Rover Concept didesain sebagai kendaraan dua fungsi, untuk eksplorasi atau sebagai laboratorium bergerak untuk riset.

Mars Rover Concept mengadopsi baterai 700 volt dengan Solar Panel sebagai sumber pengisian daya. Nasa mengklaim kecepatan maksimumnya adalah 112 km/jam di Bumi, saat di planet Mars kecepatannya diperkirakan 24 km/jam.

Uniknya, jika kendaraan ini nanti akan digunakan di Mars, Mars Rover Concept harus dipecah saat pengiriman ke Mars, lalu dirakit kembali setelah sampai di Mars. Tentu ini akan menjadi tantangan baru bagi para astronot, dan juga para insinyur yang akan menyempurnakan Mars Rover Concept.

Artikel Selanjutnya
Asteroid Terbesar yang Pernah Terdeteksi Melintas Dekat Bumi
Artikel Selanjutnya
Astronom: 3 dari 7 Planet Mirip Bumi Punya Kandungan Air