Sukses

Keren, Zebra Cross di Pekalongan Bakal Pakai Motif Batik

Jika umumnya zebra cross hanya dibuat dalam bentuk garis putih, kali ini zebra cross dimodifikasi dengan lukisan motif batik khas Pekalongan

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai cara bisa dilakukan untuk mendorong kesadaran masyarakat agar menyebrang di zebra cross. Salah satunya, seperti yang dilakukan Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pekalongan Kota, yang membuat mural batik zebra cross.

Jika umumnya zebra cross hanya dibuat dalam bentuk garis putih, kali ini zebra cross dimodifikasi dengan lukisan motif batik khas Kota Pekalongan.

Mural batik zebra cross ini, nantinya bakal menghiasi jalanan Kota Pekalongan yang terkenal sebagai kota batik dan kota kreatif dunia.

Menurut Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Ferry Sandi Sitepu, mural batik zebra cross tersebut diberi nama Wisata Zebra Cross. Inovasi ini dilakukan Satlantas Polres Pekalongan Kota, untuk menggugah kesadaran bagi penyebrang jalan pentingnya menyebrang di zebra cross.

"Tempat penyebrangan jalan bagi pejalan kaki ini akan dilukis dengan warna yang mencolok, dengan motif batik khas yang ada di Kota Pekalongan agar pengendara kendaraan bermotor terefleksi pengelihatannya bahwa di situ ada zebra cross," jelas AKBP Ferry Sandi Sitepu, seperti dilansir dari laman resmi NTMC Polri, Selasa (5/12/2017).

Rencananya, mural batik zebra cross ini ini bakal diresmikan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono, pada pertengahan Desember 2017.

Tujuan paling utama zebra cross batik ini untuk mendorong pengendara kendaraan bermotor, agar memberikan prioritas utama bagi penyebrang jalan dengan berhenti di belakang marka zebra cross.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Sementara itu, menurut Kasatlantas Polres Pekalongan Kota AKP Rachmawati, wisata zebra cross ini sebagai bentuk inovasi Satlantas Polres Pekalongan Kota untuk mengurangi angka kecelakaan yang melibatkan penyebrang jalan.

"Dengan lukisan motif batik yang menojolkan warna cerah tersebut, agar pengguna kendaraan bisa terefleksi pengelihatannya, sehingga mengurangi kecepatan saat melintasi zebra cross," tambahnya.

"Ini kalau malam kena sorot lampu kendaraan juga bisa terlihat. Sebab cat yang digunakan sesuai standar yang ada," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.