Sukses

Mencoba Suspensi KYB Zeto Tabung di Yamaha NMax, Seberapa Nyaman?

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini, Yamaha NMax masih menjadi skuter matik (skutik) gambot pilihan pecinta roda dua Tanah Air. Tidak heran, dengan populasi yang cukup banyak, berbagai produsen komponen menciptakan komponen aftermarket untuk motor bermesin 155 cc tersebut.

Salah satunya, PT Astra Otoparts (AOP), yang resmi memperkenalkan shock absorber terbarunya, Kayaba Zeto tabung. Suspensi ini, merupakan pengembangan dari model KYB sebelumnya yang tanpa tabung.

Liputan6.com mendapatkan kesempatan untuk mencoba produk ini, dengan rute dari Jakarta menuju Bandung, dan kembali ke Jakarta. Lalu, bagaimana sensasi merasakan suspensi KYB Zeto tabung ini? Mari kita bahas satu-persatu:

Sebagai informasi, test rider Liputan6.com memiliki berat badan 85 kg dengan tinggi 175 cm. Untuk panjang shock breaker KYB Zeto tabung ini, sebesar 336 mm, dan telah disesuaikan dengan jarak main suspensi (travel suspension) mencapai 80 mm.

Dengan rute Jakarta-bandung, memang sangat cocok untuk menguji performa suspensi ini, karena saat itu Liputan6.com melewati berbagai kondisi jalan, mulai dari perkotaan, tikungan tajam, jalan lurus, jalan rusak, dan berlubang, serta tanjakan dan turunan yang curam.

Sebelum mencoba suspensi ini, Liputan6.com sudah mengatur per-nya. Suspensi ini memang menggunakan sistem per progresif, yaitu ada per yang rapat dan renggang. Jadi, saat beban ringan, per yang lebih rapat bakal bekerja lebih dahulu, dan jika semakin berat maka per yang renggang baru bekerja.

Untuk mengatur kekerasan per, cukup memutar sisi atas per, dan dengan memutar ke arah atas maka per semakin keras. Untuk suspensi yang digunakan Liputan6.com, hanya diputar dua kali, dari titik terbawah (empuk). Sehingga respon dari per tidak terlalu keras, maupun tidak terlalu empuk.

1 dari 2 halaman

Kesimpulan

Hasilnya, suspensi terasa cukup nyaman, dengan ayunan suspensi tidak terlalu keras. Saat dibawa menuju Bandung, Jawa Barat, dengan banyak tikungan tajam, suspensi masih bekerja dengan sangat baik, dan saat motor melakukan cornering atau 'rebah', motor tetap stabil.

Saat melintasi jalan rusak, dan sedikit berlubang, suspensi KYB Zeto tabung ini memang masih meredam getaran dengan baik. Rebound suspensi ini cukup baik, lantaran mengadopsi diameter tabung shock breaker yang lebih besar.

Jadi, meskipun melibas jalanan berlubang, memang getaran masih terasa namun tidak membuat pinggang sakit karena benturan.

Tapi, satu kekurangan yang dirasakan Liputan6.com, ketika kondisi tertentu, baik jalan berlubang yang cukup parah atau melewati lubang dengan kecepatan tinggi, rebound ke belakang shock breaker ini menimbulkan bunyi 'bletak' yang cukup keras. Mungkin hal tersebut, bisa menjadi catatan tersendiri bagi AOP untuk mengembangkan produk selanjutnya.

Sebagai informasi, KYB Zeto tabung ini bisa didapatkan, dengan banderol Rp 2,41 juta. Sedangkan untuk versi non-tabung dilepas Rp 1,05 juta dan tersedia dengan pilihan warna per hitam, merah dan putih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Perlukah Menguras Minyak Rem Mobil?
Artikel Selanjutnya
Kymco Saingi Honda Bikin Skutik Adventure Tourer