Sukses

Ini Kendaraan Listrik Terbaru dari Renault, Bentuknya Unik

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan otomotif asal Prancis, PSA Group, memperkenalkan kendaraan konsep Renault Twizy Concept paling anyar yang telah dibenamkan motor listrik.

Dilansir Carscoops, Kamis (7/12/2017), kendaraan konsep yang  dikembangkan oleh Efficient Urban Light Vehicle (EU-LIVE) telah didanai oleh Komisi Eropa, dan merupakan rencana 'Push-to-Pass' untuk memberikan solusi mobilitas baru.

Ya, kendaraan ini akan mengisi slot antara segmen kendaraan roda dua dan roda empat.

Bentuk yang sangat mungil dari desain kendaraan ini dapat dilihat dengan dimensi panjang Renault Twizy yang memiliki panjang 2,4 meter dan lebar 0,85 meter.

Kendati sangat mungil, namun sejumlah fitur telah dilengkap seperti pemanas kabin, kantung udara dan sabuk pengaman.

Kendaraan ini juga telah dilengkapi desain pintu gunting, sehingga memaksimalkan pengemudi saat mencari lahan parkir, meksipun itu sempit.

PSA mengklaim kendaraan konsep ini sangat mudah dikendarai karena mirip skuter tiga roda. Hal tersebut disematkan roll-control technology yang memanfaatkan komponen hidrolik dan suspensi hidropneumatic.

Untuk jantung pacu, mesin kendaraan ini telah menggabungkan teknologi plug-in hybrid, di mana mesin bensin satu silinder berdaya 42 Tk ditambah dua motor listrik yang dikembangkan Elaphe dan Brembo.

Tak hanya itu, tenaga yang dihasilkan dari listrik ini dapat ditampung dalam baterai listrik berdaya 48 volt buatan Samsung SDI.  Menurut pengujian internal, dalam satu kali pengecesan baterai Twizy mampu dipacu hingga sejauh 300 km, termasuk 70 km saat mode zero-emission. Adapun di atas kertas, kendaraan ini dapat mencapai  kecepatan hingga 130 km per jam.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Siap-Siap, Toyota Roda Tiga Bakal Mengaspal

Toyota i-Road, kendaraan roda tiga ini rupanya mendekati jadwal peluncurannya. Meski tidak disebutkan kapan waktu dirilis, kendaraan mirip sepeda motor itu telah diuji coba dan melanglang buana ke berbagai pameran di seluruh dunia.

Nah, kali ini i-Road kembali tertangkap kamera tengah diuji coba dengan dikemudikan secara zig-zag di lahan parkir di sebuah gedung. Tidak disebutkan di mana lokasinya. Namun, dalam video tersebut, i-Road tak lagi terlihat mirip kendaraan konsep, tetapi siap produksi massal.

Dari video yang beredar, seorang pria terlihat sedikit mengulas Toyota i-Road, di mana kendaraan roda tiga tersebut memiliki kapasitas dua orang penumpang.

Toyota i-Road memang menggunakan roda tiga. Namun, tidak seperti bajaj, di mana dua roda di belakang dan satu di depan.

Sebaliknya, produk yang pernah dipajang di ajang Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) tahun 2015 lalu itu memiliki dua roda di depan dan satu roda di belakang.

Untuk melakukan manuver, tak perlu ragu atau takut terjatuh. Sebab, mobil ini telah diproduksi dengan formula khusus, serta menggunakan suspensi Active-Lean Technology.

Secara dimensi, Toyota i-Road memiliki panjang 2.345 mm, lebar hanya 870 mm, dan tinggi sekitar 1.455 mm. Dengan wheel base 1.695 mm, kendaraan ini memiliki bobot sekitar 300 kg.

Kabarnya, jantung pacu Toyota i-Road didukung teknologi listrik, di mana daya listrik dari baterai lithium-ion 5,5 kWh disalurkan melalui dua motor listrik. Alhasil, Toyota i-Road pun mampu dipacu dengan kecepatan hingga 60 km/jam.

Artikel Selanjutnya
Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
Artikel Selanjutnya
Lima Mobil Listrik Terdahsyat dan Tercepat Sejagat