Sukses

Peraturan Jelas, Wuling Siap Boyong Mobil Listrik ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan mobil listrik bakal semakin berkembang di Indonesia. Terlebih, setelah peraturan kendaraan ramah lingkungan atau yang disebut low carbon emission vehicle (LCEV) resmi dikeluarkan pemerintah.

Untuk menyambut peraturan tersebut, banyak produsen kendaraan di Indonesia yang sudah mempersiapkan mobil ramah lingkungannya. Sebut saja Toyota dengan C-HR hybrid atau Nissan dengan Note e-Power.

Selain pabrikan Jepang, pemain baru dari Tiongkok, Wuling Motors, ternyata juga siap untuk bermain di segmen mobil listrik Tanah Air.

"Jadi kita sedang melakukan analisis, terkait kebutuhan masyarakat di Indonesia terhadap mobil listrik. Kami di China juga sudah ada mobil listriknya," jelas Cindy Cai, Vice President of VSSM Wuling Motors, saat ditemui wartawan beberapa waktu lalu.

Sementara itu, ketika ditanya lebih lanjut terkait produksi mobil listrik di Indonesia, Cindy Cai masih belum memberikan jawaban detail terkait hal tersebut.

"Buat saat ini, masih terlalu awal (berbicara mobil listrik). Dari pemerintah juga peraturan belum detail, tapi kita masih terus mempelajari mobil listrik," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Baojun E100

Untuk diketahui, ternyata Wuling bersama SAIC dan GM memiliki mobil listrik murah untuk di pasar Cina, yaitu Baojun E100.

Seberapa murah? Dilansir carnewschina.com, harga mobil tersebut berkisar $5.329 dan $7.264 (Rp 69 - 94 juta) setelah subsidi mobil ramah lingkungan.

Wujud Baojun E100 mengingatkan kepada desain citycar Smart ForTwo yang pernah dijual di Indonesia. Desainnya mungil dan kompak, serta penggunaan warna yang ceria.

Interior dibuat bergaya modern dan semi futuristik, meskipun hanya memiliki kapasitas dua penumpang desain jok tipis memberikan ruang ekstra di dalam kabin.

Motor elektrik miliknya menghasilkan tenaga 39 Tk dengan torsi puncak 110 Nm. Kecepatan puncak miliknya adalah 100 km/jam dengan jarak tempuh 155 km. Pengisian diklaim membutuhkan waktu 8 jam dengan Voltase 220 volt. Tentu spesifikasi tersebut sudah cukup memadai untuk penggunaan sehari-hari di dalam kota.

Artikel Selanjutnya
Usulan Penurunan Bea Masuk Mobil Listrik Bakal Dibahas Tim Tarif
Artikel Selanjutnya
Sejauh Apa Perkembangan Mobil Listrik Karya Anak Bangsa?