Sukses

Mobil Keluarga Semakin Menjamur, Kapan Suzuki Rombak Ertiga?

Liputan6.com, Jakarta - Mobil keluarga dengan kapasitas tujuh penumpang tetap menjadi fokus para agen tunggal pemegang merek di 2017. Berbagai produk yang diperuntukan bagi keluarga semakin menjamur dengan berbagai ubahan dilakukan cukup signifikan.

Hal ini pun menimbulkan tanda tanya, kapan Suzuki menghadirkan produk baru, atau minimal melakukan rombakan terhadap Suzuki Ertiga? Mengingat perusahaan dengan lambang huruf S ini memang belum melakukan ubahan yang cukup siginifikan.

Menanggapi hal tersebut, General Manager, Strategic Planning Department PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Uchiki Ryohei angkat bicara.  

“Belum ada. Nanti ,” singkat Uchiki saat ditemui di kawasan Senayan City,  Jakarta, Jumat (8/12/21017).

Kendati begitu, pria asal Jepang tersebut rupanya memang memiliki strategi khususnya untuk tetap eksis di Indonesia. Sayang, Uchiki tak mau mengumbarnya saat ini.

Menanggapi banyaknya mobil-mobil terbaru dengan kapasitas tujuh penumpang, Uchiki sendiri rupanya tak ambil pusing.

Kata dia, dengan semakin sesaknya model-model baru di pasar otomotif domestik, maka hal itu akan membuat kompetisi semakin bagus. Tentu saja, hal ini akan menguntungkan konsumen karena banyak pilihan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Sekilas Suzuki Ertiga

Bicara soal Suzuki Ertiga, tentu saja mobil ini masuk dalam segmen Low MPV yang pertama kali dihadirkan PT SIS sejak 2012.

Ertiga sendiri diambil dari gabungan kata Er (dari huruf R) yang berarti row (baris) dan tiga yang berarti angka tiga, dengan begitu mobil ini memiliki tiga baris yang dapat menampung tujuh penumpang.

Suzuki Ertiga dipasarkan secara global, di mana salah satu pabriknya berada di Indonesia yaitu kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Mengusung sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive/ FWD) dan dengan sasis monokok, Suzuki Ertiga membenamkan mesin bensin K-Series 1.373 cc, DOHC, VVT yang sanggup menyemburkan daya hingga 93,7 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm.

Selain mesin bensin, Ertiga juga memiliki mesin diesel dengan kode D13A yang dikembangkan bersama Fiat dan disebut Fiat Multijet engine. Mesin berkapasitas 1.248 Liter tersebut menghasilkan daya 93,7 Tk  pada 4.000 rpm dan tosi 200 Nm pada 1.750 rpm.

Hanya saja, selama ini Suzuki Ertiga belum mengalami perubahan secara drastis seperti beberapa kompetitor lainnya.  Ertiga hanya mengalami beberapa ubahan ringan, salah satunya terjadi pada  September 2015.

Artikel Selanjutnya
Top3: Aturan Penggunaan Lampu Hazard dan Toyota Vios Bermuka Dua
Artikel Selanjutnya
20 Mobil Terlaris Sepanjang 2017