Sukses

Masih Adakah Mobil Baru Kurang dari Rp 100 Juta?

Liputan6.com, Jakarta - Diplot sebagai Low Cost Green Car (LCGC), ternyata hal itu tak selalu dikatakan sebagai mobil dengan  harga terjangkau. Bahkan seiring berjalannya waktu, mobil-mobil yang sempat disebut-sebut ‘murah’ dengan banderol di bawah Rp 100 juta, kini berangsur melonjak.

Berbagai alasan mobil LCGC tak lagi terjangkau dilontarkan para agen pemegang merek, mulai dari penambahan fitur hingga nilai tukar dolar yang ikut merangkak naik.

Namun begitu, ternyata masih ada mobil baru yang harganya di bawah Rp 100 juta. Apakah itu?

Ya, dia adalah Daihatsu Ayla 1.0 tipe D dengan transmisi manual. Mobil ini dilepas Rp 92,55 juta on the road Jakarta.

Namun jika Anda ingin membeli varian Ayla yang satu ini jangan terlalu berekspetasi lebih dengan mengharapakan berbagai fitur melimpah, seperti model lainnya.

Sebelumnya, beberapa bulan lalu, mobil dengan harga di bawah Rp 100 juta masih terlihat di beberapa merek dan model lain, seperti halnya Datsun GO+ Panca tipe D.

Meski memiliki kabin lebih lapang, mobil yang mengusung kabin dengan konfigurasi 5+2 ini tergolong murah. Namun kini, harga Datsun GO+ Panca tipe D harganya mencapai Rp 104,8 juta on the road Jakarta.

Selain itu ada juga Karimun Wagon R tipe GA. Hanya saja, harga mobil tersebut kini terkerek mengalami kenaikan, dan jual mobil tersebut berbanderol Rp 105 juta on the road Jakarta.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Apa Untungnya Daihatsu Ayla 1.0 D MT MI?

Daihatsu Ayla 1.0 tipe D memang menjadi tipe paling rendah. Hal ini bisa dilihat dari beberapa kelengkapan yang tergolong minim, baik eksterior maupun interior.

Pada eksterior, ciri yang jelas terlihat antara lain pada hiasan bagian bamper tak dilengkapi krom, spion minim sein, serta masih menggunakan pelek kaleng.

Masuk interior, mobil ini juga belum dilengkapi piranti penyejuk udara atau air conditioner (AC) dan Power Windows. Jadi untuk membuka jendel Anda harus lebih mengeluarkan tenaga. Mungkin, hitung-hitung melatih otot tangan.

Kendati demikian di atas kertas, mobil ini  tergolong irit. Sebab Daihatsu Ayla 1.0 D MT MI merupakan LCGC dan wajibn mengkonsumsi minimal satu liter untuk jarak tempuh 20 km.

Hal tersebut berkat penggunaan mesin D26F 1KR-DE DOHC berkapasitas 998 cc yang sanggup menghasilkan daya hingga 64 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 86 Nm pada 3.600 rpm, serta didukung transmisi manual lima kecepatan.

Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Toyota Vios Bermuka Dua dan Merek Terlaris
Artikel Selanjutnya
Mobil Langka yang Jadi Salah Satu Penunggak Pajak