Sukses

Cylinder Head Mobil Anda Rusak? Begini Cara Mengeceknya

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik kendaraan, merawat tunggangan kesayangan merupakan hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, jika terjadi kerusakan, bakal membutuhkan biaya untuk perbaikan yang tidak sedikit.

Nah, salah satu komponen yang harus diperhatikan adalah cylinder head. Ada beberapa kerusakan yang bisa terjadi di kepala silinder, seperti retak.

Lalu, bagaimana cara mengetahui kepala silinder yang rusak? Mari kita bahas satu persatu:

1) Minyak bocor

Cara mengetahui cylinder head kendaraan Anda retak atau tidak, periksa juga minyak yang terdapat di cylinder head.

Caranya, buka kap mesin dan lihat kepala silinder kendaraan Anda, apakah terjadi kebocoran minyak atau tidak. Jika tidak, berarti kepala silinder Anda tidak mengalami kerusakan.

2) Performa

Sebelum melakukan pemeriksaan tersebut, cara mengetahui ada keretakan atau tidak di cylinder head kendaraan Anda, bisa dirasakan dari performa mesin yang menurun.

Pasalnya, jika cylinder head Anda retak, ada kompresi mesin yang lolos. Selain itu, dalam beberapa kasus, mesin juga bakal mati.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3) Air radiator bocor

Salah satu ciri cylinder head retak, adalah coolant atau air radiator bocor. Biasanya, kebocoran tersebut menyebabkan mesin kendaraan Anda menjadi panas.

Jadi, periksa volume air radiator dan cylinder head sesering mungkin, untuk mengetahui kepala silinder bocor atau tidak.

4) Asap

Saat cylinder head retak, memang jarang kasus mesin mengeluarkan asap. Tapi ingat, hal tersebut bisa saja terjadi, karena saat cylinder head retak, gas buang tidak keluar dari knalpot tapi dari mesin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini