Sukses

Ujian Praktik SIM C, Polisi Ini Cuma Pakai Tangan Satu

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para pengendara kendaraan bermotor, diwajibkan memiliki Surat Izin Mengemudi SIM. . Namun, untuk mendapatkan SIM baru secara resmi, harus melalui serangkaian ujian praktik dan teori.  

Akan tetapi, tak sedikit yang beranggapan mendapatkan SIM baru, khususnya sepeda motor atau SIM C, dirasa sangat sulit. Terlebih saat melakukan ujian praktik.

Untuk melakukan ujian praktik, pemohon SIM harus dapat mengoperasikan sepeda motor di trek yang sudah ditentukan di lokasi ujian.

Biasanya, lokasi ujian menggunakan cone (kerucut) atau patok besi, di mana peserta harus mampu melakukan ujian zig-zag dan juga kelokan seperti angka delapan. Pengemudi tak boleh menyentuh patok dan kaki turun ke aspal.

Nah, ternyata pengujian praktik yang dianggap sulit dan tak masuk akal bagian masyarakat, nyatanya bisa dilakukan seorang polisi di Polres Cilacap, Jawa Barat, dan diunggah akun @humaspolrescilacap ke media sosial Instagram.

Hebatnya, sang polisi yang memperagakan tes ujian praktik ini dilakukan hanya dengan tangan satu.

“Ujian SIM di Polres Cilacap susah? Mungkin kalian belum mencoba dan berusaha. Tetap berpikiran positif dan berusaha. Ini sebagai gambaran bahwa semua pasti bisa jika berusaha,” tulis akun @humaspolrescilacap.

 

1 dari 2 halaman

Lihat Aksi Emak-Emak Lolos Ujian SIM, Sempurna!

Emak-emak naik motor. Mungkin kalimat itu cukup "mengerikan" bagi sebagian orang jika melihatnya di jalan raya. Pasalnya, sering ada aksi membahayakan jika seorang wanita berumur mengendarai sepeda motor di jalan raya.

Karena aksinya itu, keluarlah istilah the power of emak-emak. Aksi yang paling sering terjadi adalah menggunakan sein kanan, tapi berbelok ke kiri. Hal itupula yang membuat para pengendara takut berada di sekitarnya.

Namun, hal itu berbeda dengan emak-emak yang satu ini. Bagaimana tidak, dari beberapa tes uji praktik, ibu ini dapat mengendarai motor bebek dengan baik dan mendapatkan nilai sempurna.

Pasalnya, ibu yang tidak disebutkan namanya itu tidak sekalipun menurunkan kakinya ataupun menjatuhkan tiang-tiang saat melewati halang rintang. Semua manuver sempurna, mulai dari zig-zag, membuat angka delapan, dan melaju di jalan sempit.

Tidak disebutkan juga di mana lokasi tempat untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi tersebut. Namun, rekaman emak-emak naik motor yang diunggah netizen bernama Sintya Saabi tersebut kini menjadi viral dan mendapatkan banyak pujian.

“Ini bisa menjadi contoh untuk anak-anak muda untuk lebih berusaha saat membuat SIM dan jangan melakukan jalan pintas untuk mendapatkan SIM,” tulisnya.

Mau tahu aksinya, lihat videonya di bawah ini:

 

Artikel Selanjutnya
Akhir Persembunyian Mahasiswa yang Bayar PSK Pakai Uang Palsu
Artikel Selanjutnya
Patut Dicontoh, Emak-Emak Sopir Truk Masa Kini