Sukses

Manjakan Bikers, Google Tawarkan Navigasi untuk Pengendara Motor

Setelah hanya menyediakan navigasi untuk roda empat, kereta, pejalan kaki, dan pesepeda, kini Google Maps menyediakan navigasi untuk motor.

Liputan6.com, Delhi - Setelah hanya menyediakan navigasi untuk roda empat, kereta, pejalan kaki, dan pesepeda, kini Google Maps menyediakan navigasi untuk roda dua. Dengan begitu, para pengendara bisa menghitung waktu perjalanan dengan lebih akurat.

Namun sayang, pembaruan navigasi untuk pengendara motor di Google Maps baru tersedia di India. Fitur baru ini diluncurkan sebagai bagian dari Google for India. Demikian dilansir Visordown, ditulis Selasa (12/12/2017).

Seperti halnya dengan navigasi untuk kendaraan lain, mode sepeda motor untuk menemukan rute terbaik dan paling efisien. Selain itu, navigasi ini juga menginformasikan jika ada penutupan jalan dan ketersedian tempat parkir di tempat tujuan.

Peluncuran navigasi untuk roda dua di India memang masuk akal. Pasalnya, India merupakan pasar roda dua terbesar di dunia. Selain itu, juga banyak jalan yang tidak bisa dilalui mobil, dan cocok untuk sepeda motor.

Dengan banyaknya pengendara di India yang mengandalkan aplikasi ini, navigasi di Google Map juga bisa menunjukKan landmark di setiap daerah. Jadi, pengendara bisa membuat perencanaan perjalanan, dan tidak sering melihat smartphone untuk melihat peta.

Untuk diketahui, navigasi Google Maps di India akan diikuti oleh beberapa negara lainnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waze

Aplikasi berbasis lalu lintas, Waze, sudah menambahkan sepeda motor sebagai jenis kendaraan untuk pengaturan rute dan navigasi. Penambahan ini untuk memastikan para bikers mengetahui jalur yang lebih cepat dan aman untuk dilalui.

Selain menikmati fitur standar Waze, para pengendara motor juga bisa mengetahui kondisi jalan terbaru dari sesama pengendara, dan perkiraan waktu tempuh yang berbeda dari mobil. Lalu, pengendara mendapat informasi jalur alternatif, kemudahan navigasi, dan keamanan perjalanan dengan perintah suara sehingga tidak perlu melihat layar smartphone.

Untuk mengaktifkan navigasi khusus ini, pengguna dapat mengakses setting, vehicle type, dan pilih motorcycles. Fitur navigasi ini juga dapat dinikmati secara global, mulai 29 November 2017 untuk sistem operasi Android dan iOS, serta tersedia dalam semua bahasa.

"Pengendara sepeda motor memiliki peran mobilitas yang penting di seluruh dunia," tulis Waze dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, ditulis Kamis (30/11/2017).

Untuk diketahui, berdasarkan ukuran dan ketangkasannya, sepeda motor kini menjadi solusi yang efisien dan ekonomis bagi orang-orang yang tinggal di pusat kota.

Sepeda motor bahkan menjadi kendaraan transportasi utama di negara-negara Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, wajar saja jika Waze memanjakan pengguna sepeda motor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.