Sukses

Honda PCX Lokal Resmi Serang Balik Yamaha NMax, Kuatan Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah seolah berlari sendirian di segmen skuter matik (skutik) gambot 150 cc, akhirnya Yamaha NMax mulai diserang balik oleh Honda PCX.

Hal tersebut, ditandai dengan resmi meluncurnya Honda PCX rasa lokal, untuk menantang kedigdayaan Yamaha NMax di Tanah Air. Hadir dengan berbagai senjata andalan siap perang, namun Honda PCX baru ini dibanderol tetap lebih mahal dibanding pesaingnya. Varian Honda PCX yaitu tipe CBS Rp 27 juta dan ABS Rp 32 juta.

Sebagai perbandingan, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), juga baru meluncurkan NMax versi 2018, dengan harga Rp Rp 26,3 juta untuk versi non-ABS dan Rp 30,2 juta untuk versi ABS.

Lalu, jika melihat fitur yang tersemat, lebih unggul mana Honda PCX atau Yamaha NMax?

Untuk Yamaha NMax versi 2018, hadir dengan ubahan yang tidak terlalu signifikan. Seperti pertama, motor ini telah menggunakan new inverted LCD digital speedometer sehingga lebih stylish, modern karena telah dilengkapi Multi Information Display (MID).

Desain speedometer juga memiliki warna latar belakang yang lebih terang, sehingga terlihat jelas di siang hari.

Kedua, perubahan juga pada desain jok yang memadukan dua tekstur kombinasi dengan emboss logo NMax yang disatukan dengan motif jahitan elegan. Ketiga, perubahan lain juga terjadi pada bagian kaki-kaki di mana baluran warna emas dilakukan pada pelek sehingga diklaim akan menambah elegan dan berkelas.

1 dari 3 halaman

Yamaha NMax 2018

Sementara bagian lampu Yamaha NMax 155 model 2018 juga telah menggunakan LED, sehingga lebih terang dan awet seperti model sebelumnya.

Keempat, agar lebih berbeda NMax 155 model 2018 telah menggunakan nlew rear sub tank suspension dengan warna emas sehingga lebih elegan namun tetap nyaman dan stabil di berbagai kondisi jalan.

Yamaha NMax 155 model 2018 sama seperti model sebelumnya, pada bagian kaki-kaki menggunakan pelek dan ban tubeless tapak lebar sehingga lebih stabil saat bermanuver. Diketahui ban depan menggunakan ukuran 110/70-13 M/C 48P dan ban belakang berukuran 130/70-13 M/C 63P.

Pada bagian ruang kaki juga tetap dibuat lebih luas untuk dua posisi berkendara agar lebih rileks baik perjalanan dekat hingga jauh. Yamaha NMax 155 model 2018 juga telah menggunakan double disc brake sehingga sistem pengereman dan cengkraman cakram semakin kuat dan kokoh. Sistem pengeremannya telah menggunakan ABS yang membuat motor semakin aman dan stabil (model khusus).

Untuk jantung Yamaha mempertahankan mesin lama yaitu liquid cooled 4-stroke, SOHC, single silinder berkapasitas 155 cc yang mampu menyemburkan daya hingga 14,8 Tk pada 8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm.

Untuk memberikan pilihan, Yamaha NMax 155 model 2018 hadir dalam empat warna yaitu Matte Grey, Matte Black, Blue dan White.

2 dari 3 halaman

All New Honda PCX 150

Sementara itu, untuk Honda PCX rakitan lokal, dilengkapi fitur baru, yakni rear disc brake. Dengan menggunakan fitur ini tentu saja pengereman akan lebih mantap. Adapun untuk tipe PCX 150 yang dilengkapi CBS telah menggunakan combi brake hidrolis dengan tiga kaliper, sehingga disebut mampu membuat pengereman lebih stabil.

Selain tampilan bodi, Honda all new PCX 150 telah menggunakan bodi samping berkontur baru. Selain itu, desain baru pada lampu depan telah menggunakan lampu LED. Sehingga selain lebih mewah, juga sistem pencahayaannya lebih terang. Demikian juga dengan penggunaan lampu LED pada bagian belakang.

Model ini juga telah menggunakan lampu hazard sebagai pelopor diaplikasikannya pada sepeda motor di Indonesia. Selain itu, tampilan yang membuat skuter ini lebih mewah terlihat pada bagian full digital panel meter. Informasi yang memberikan informasi mulai dari kecepatan dan kapasitas bahan bakar dengan tampilan digital.

Model terbaru ini juga telah dilengkapi dengan fitur smart key system baru yang terintegrasi dengan alarm dan answer back. Alhasil, fitur ini bisa meminimalisasi tindakan pencurian.

Agar lebih masuk pasar, Honda PCX ini dilengkapi DC socket untuk power charger yang disematkan di konsol box sisi depan.

Honda PCX memiliki kapasitas tanki BBM terbesar di kelasnya, yaitu delapan liter dan fitur praktis berupa tombol pembuka tangki dan jok yang terintegrasi dengan kunci kontak. Model ini juga dilengkapi seat stopper yang menahan posisi jok agar tidak tertutup saat sedang menyimpan atau mengeluarkan barang.

All new PCX 150 telah dilengkapi dengan Enhanced Smart Power (eSP). Teknologi ini berfungsi untuk mengurangi gesekan dan efisiensi pendinginan mesin, serta transmisi, sehingga performa mesin jadi lebih baik.

Untuk jantung pacu, Honda PCX ini telah menggunakan mesin 4-tak, SOHC, PGM-FI, liquid cooled. Kapasitasnya 149,3 cc. Namun begitu sayang Honda belum mau membocorkan berapa tenaga dan torsi pada skutik tersebut.

Agar memberikan pilihan all new PCX 150 ini hadir dengan pilihan warna black, white, red dan light gold.

Artikel Selanjutnya
Kawasaki Siapkan KLX 150 Facelift, Kapan Rilis?
Artikel Selanjutnya
Saingi Honda Vario, Yamaha Lexi 125 di Bawah Rp 20 Juta?