Sukses

Gaji Rp 4 Juta Bisa Beli Skutik Bongsor, Ini Hitungannya

Liputan6.com, Jakarta Bagi para bikers, memiliki motor impian tentu menjadi cita-cita tersendiri. Motor tersebut dapat menjadi kendaraan transportasi harian untuk memuaskan hasrat berkendara. Nah, bagi yang memiliki gaji Rp 4 juta per bulan, Liputan6.com menghitung skutik bongsor yang bisa Anda beli tanpa membebani kebutuhan lainnya.

Berikut ini adalah perhitungan Liputan6.com:

Dana transportasi yang akan digunakan untuk cicilan dan membeli bensin adalah 30 persen dari gaji, yaitu Rp 1.200.000

Asumsi jarak tempuh pulang pergi kerja dalam sehari, yaitu 40 km. 

Konsumsi bahan bakar motor diasumsikan 1 liter untuk 35 km.

Bahan bakar yang digunakan Pertamax dengan harga Rp 8.400 per liter (harga DKI Jakarta per November 2017).

Uang DP 20 persen dari harga motor sudah dimiliki oleh calon pembeli.

Perhitungan ini di luar biaya servis dan biaya tidak terduga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhitungan

Jarak tempuh dalam sebulan adalah 800 km, sehingga bahan bakar yang dibutuhkan 23 liter. Artinya, dalam sebulan biaya yang dikeluarkan adalah Rp 193.200. Setelah dikurangi biaya bahan bakar, Anda masih memiliki dana transportasi senilai Rp 1.006.800.

Berdasarkan data tersebut, Anda bisa memiliki all new Honda PCX yang dibanderol Rp 27.000.000 on the road Jakarta. Berdasarkan simulasi kredit adira.co.id, dengan total DP 20% senilai Rp 5.400.000, maka angsuran per bulan selama tiga tahun adalah Rp 994.092.

Tentu kalkulasi ini menjadi gambaran sebelum Anda membeli motor dengan sistem kredit. Beda pembiayaan akan memiliki kalkulasi yang berbeda. Selain itu, jika motor yang Anda inginkan memiliki harga lebih murah dibanding Honda PCX, maka biaya yang perlu Anda siapkan setiap bulannya akan semakin rendah dibanding perhitungan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.