Sukses

Kapok Dibajak Tiongkok, Land Rover Bakal Lewati Mobil Konsep

Liputan6.com, Jakarta Land Rover Defender terbaru akan diperkenalkan akhir 2018. Bukan sebagai mobil konsep, melainkan langsung berupa versi produksi. Dengan kode L663, Defender terbaru akan sekaligus menjadi perayaan Land Rover ke-70 tahun.

Dilansir Carscoops, alasan kuat Land Rover tidak memperlihatkan versi konsep sebelum produksi karena kekhawatiran produknya dijiplak kembali. Seperti tahun 2011 silam, Land Rover memperkenalkan DC100, setelah produknya dijiplak, Land Rover harus kembali merombak produknya.

Alasan lainnya untuk menunda Defender baru adalah membangun model bisnis yang dapat berjalan terus. Defender terdahulu tidak pernah berhasil menjual 20.000 unit per tahun sampai akhir hayatnya. Saat ini, Land Rover perlu menjual 100.000 unit per tahun agar dapat bertahan.

Defender diperkirakan akan menggunakan D7u architecture yang diperkuat kembali. Mesinnya akan menggunakan bensin dan diesel dari keluarga Ingenium. Strategi tersebut dilakukan untuk mengurangi ongkos produksi Defender.

Land Rover Defender akan dilengkapi dengan teknologi off-road terbaru seperti sistem Terrain Response II yang ditawarkan pada Discovery. Penjualan Defender terbaru diperkirakan dimulai pada 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Begini Spesifikasi Mobil Pikap Lawas Jokowi di Tol Becakayu

Setelah meresmikan jalan tol Bekasi-Cakung-Kampung melayu (Becakayu), Presiden Joko Widodo, langsung mencoba jalan bebas hambatan tersebut.

 

 

Dengan menggunakan mobil lawas, sebuah Land Rover Defender County berkelir biru, Jokowi yang menggunakan kemeja putih, langsung menelusuri jalan tol sepanjang 23,8 km. Duduk manis di kursi penumpang depan, Jokowi terlihat santai melihat sekeliling jalan tol di dalam mobil keluaran 1989 ini.

Mobil buatan Inggris ini memang biasa digunakan untuk menaklukkan jalan yang tidak biasa alias jalur off-road. Mobil yang digunakan Jokowi ini terlihat masih cukup terawat, meskipun umur mobil tersebut sudah sekitar 28 tahunan.

Land Rover Defender County ini diproduksi di Solihull, Inggris serta Kedah, Malaysia. Model ini pertama kali diproduksi pada 1983, hingga terakhir pada 2016.

Land Rover Defender County atau LR 110 Pickup yang dipakai Jokowi mengadopsi mesin depan, dengan kode 17h. Jadi, mobil ini menggendong mesin bensin berkapasitas 2,5 liter. Dengan mesin tersebut, mobil ini mampu mengembuskan daya hingga 83 Tk dengan torsi besar hingga 180 Nm.

Sejatinya, Land Rover Defender County ini diproduksi dengan tiga tipe, yaitu 90, 110, dan 127 dengan berbagai sasis dan model bodi. Pertama, tiga pintu 4x4, lima pintu 4x4, serta dua pintu untuk tipe mobil pikap, dan tiga pintu untuk model van.

Artikel Selanjutnya
Top3: Toyota C-HR Terlaris dan Ketok Magic ala Bule
Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Heboh Mobil Bermuka Ganda dan SUV Terlaris