Sukses

Deretan Mobil yang Cocok untuk Taksi Online

Liputan6.com, Jakarta - Moda transportasi online, seperti taksi online saat ini memang sangat membantu masyarakat. Tidak hanya untuk yang membutuhkan transportasi, tapi juga untuk yang membutuhkan pendapatan tambahan.

Nah, untuk bisa menjadi taksi online, dibutuhkan kendaraan yang cocok, baik dari harga beli ataupun efisiensi bahan bakar. Lalu, mobil apa saja yang cocok digunakan sebagai taksi online?

1) Toyota Avanza

Pilihan pertama, jelas jatuh kepada low multi purpose vehicle (LMPV) milik PT Toyota Astra Motor (TAM), Avanza. Mobil yang sudah hadir lebih dari 10 tahun di Indonesia ini, menjadi pilihan yang cukup bijaksana bagi para pengusaha taksi online.

Alasannya cukup sederhana, pertama mobil ini memiliki kapasitas tujuh penumpang, dan pastinya cocok sebagai mobil angkutan. Kedua, dengan mengusung merek Toyota, untuk urusan purna jual pastinya bisa sangat terpercaya.

Selanjutnya, Toyota Avanza memiliki harga yang masih cukup kompetitif, dimulai dari tipe bawah 1.3 E M/T Rp 190,45 juta hingga tipe tertinggi 1.5 G M/TRp 220,6 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daihatsu Xenia

2) Daihatsu Xenia

Pilihan kedua untuk armada yang cocok digunakan sebagai taksi online, adalah Daihatsu Xenia. Sebagai kembaran Toyota Avanza, alasan mobil ini cocok digunakan sebagai taksi online sudah tidak perlu diragukan.

Untuk harganya, dimulai dari tipe Daihatsu Xenia paling bawah, yaitu Great New Xenia X MT 1.3 STD Rp 180,45 juta. Sedangkan untuk tipe paling tinggi, Great New Xenia R AT 1.3 Sporty Rp 215,1 juta.

Untuk mesinnya, Great New Xenia 1,3 liter juga mendapat teknologi Dual VVT-i. Tentunya hal ini juga menjadikan konsumsi bahan bakarnya semakin irit, apalagi dipadukan dengan penggunaan transmisi manual 5-speed.

Sekali lagi, selain harga belinya yang lebih terjangkau, Xenia juga sama-sama memiliki harga jual kembali yang cukup baik.

3 dari 5 halaman

Honda Mobilio

3) Honda Mobilio

Selain dua mobil milik Astra, Honda Mobilio juga bisa menjadi pilihan yang cukup tepat untuk dijadikan taksi online. Bahkan, untuk taksi online dari salah satu perusahaan taksi besar di Indonesia, juga sudah memilih LMPV milik PT Honda Prospect Motor (HPM) ini, sebagai armada taksinya.

Meskipun tidak sebanyak Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Honda Mobilio menawarkan kenyamanan, dengan sasis monokok. Selain itu, ruang kabin Honda Mobilio juga dapat dibilang lapang, untuk mengangkut penumpang dan barang.

Untuk urusan performa, dengan mesin berkapasitas 1,5 liter VTEC, menawarkan performa lebih baik dari rivalnya. Tapi jangan khawatir, konsumsi bahan bakar Mobilio juga tidak kalah dengan rivalnya.

Harganya, Honda Mobilio paling rendah, yaitu tipe S dibanderol Rp 189,5 juta dan paling tinggi New Honda Mobilio RS CVT Rp 243,5 juta.

4 dari 5 halaman

Daihatsu Sigra

4) Daihatsu Sigra

Produk kembar Daihatsu - Toyota di kelas LCGC 7-seaters dapat menjadi pilihan jika dana yang Anda miliki berada di kisaran Rp 100 jutaan. Daihatsu Sigra dibanderol mulai dari Rp 108,9 juta hingga 149,6 juta on the road Jakarta. 

Berbeda dengan Calya yang ditawarkan dengan mesin 1,2 liter saja. Sigra ditawarkan dengan pilihan mesin 1,0 liter dan 1,2 liter, sehingga harganya bisa lebih kompetitif.

Untuk varian bermesin 1,0 liter hanya ditawarkan dengan transmisi manual saja. Sedangkan varian bermesin 1,2 liter ditawarkan dengan transmisi manual dan otomatis.

 

5 dari 5 halaman

Datsun Go+ Panca

5) Datsun Go+ Panca

Sebagai pelopor di kelas LCGC 7 seaters, pada saat itu Datsun Go+ menjadi primadona untuk dijadikan taksi online. Sampai saat ini, Datsun Go+ masih menyimpan pesona dengan menawarkan harga yang paling rendah di kelasnya, dengan banderol mulai Rp 104, 8 hingga 135,1 juta on the road Jakarta.  

Menariknya, varian terendah Datsun Go+ sudah mengadopsi mesin berkapasitas 1,2 liter. Hanya saja, sampai saat ini Datsun Go+ masih ditawarkan dengan transmisi manual.

Meskipun berkapasitas 7 penumpang, bagian baris ketiga idealnya digunakan oleh anak kecil saja. Setidaknya baris ketiga bisa dioptimalkan untuk barang berukuran ekstra besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini