Sukses

Perawatan Mobil di Bengkel Nonresmi, Ini Keuntungannya

Liputan6.com, Jakarta - Melakukan perawatan mobil atau motor memang sebaiknya di bengkel resmi. Namun, ada beberapa tipe pemilik kendaraan yang memang memilih melakukan servis berkala di bengkel nonresmi.

Berbagai alasan diungkapkan pemilik ketika memilih bengkel nonresmi, seperti waktu tunggu yang lebih cepat, jarak bengkel yang lebih dekat dengan rumah atau kantor, harga, atau bahkan lebih fleksibel saat mengganti komponen.

Nah, berikut keuntungan memilih bengkel nonresmi seperti Liputan6.com sitat dari berbagai sumber.

1) Harga

Untuk melakukan perawatan berkala, harga yang ditawarkan bengkel nonresmi sudah pasti lebih murah dibandingkan bengkel resmi. Bahkan, tidak jarang harga yang ditawarkan bisa ditawar alias dinego.

Selain harga untuk perawatan berkala, untuk harga komponen di bengkel nonresmi juga bisa lebih murah, dan lagi-lagi bisa ditawar alias nego.

Akan tetapi, ingat, jangan terkecoh dengan harga murah. Pasalnya, namanya bengkel nonresmi dan tidak dikelola oleh agen pemegang merek (APM), tidak menutup kemungkinan banyak beredar komponen atau spare part palsu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

2) Waktu tunggu

Permasalahan yang sering terjadi ketika memilih bengkel resmi ialah waktu tunggu. Bahkan, untuk melakukan servis satu kendaraan, bisa dibutuhkan waktu berjam-jam untuk menunggu. Tidak jarang, pemilik kendaraan juga harus melakukan booking terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan.

Namun, jika di bengkel umum, terlebih bengkel yang tidak memiliki banyak konsumen, pastinya waktu tunggu bisa dipercepat.

3) Jarak bengkel

Untuk jarak bengkel, memang tidak selalu mutlak. Kecuali, kendaraan yang kita miliki memang bukan mobil dengan merek yang umum, dan memiliki jaringan yang banyak, seperti Toyota, Daihatsu, Honda, atau Mitsubishi.

Permasalan terjadi ketika kita memiliki kendaraan yang tidak memiliki jaringan yang banyak. Bahkan, dalam satu daerah, hanya memiliki satu bengkel resmi.

Nah, dengan memilih bengkel umum yang terletak di dekat rumah atau kantor, bisa jadi solusi yang baik terkait jarak bengkel yang jauh ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini