Sukses

Musim Hujan, Ini Tips Mudah Merawat Mobil agar Tidak Cepat Kusam

Liputan6.com, Jakarta - Intensitas hujan, beberapa hari ini masih cukup tinggi. Dengan begitu, bagi pemilik mobil, perawatan ekstra diperlukan agar mobil tetap baik dan tidak cepat rusak karena terkena air hujan.

Untuk diketahui, air hujan memang mengandung banyak garam yang dapat merusak permukaan cat mobil bila didiamkan terlalu lama. Selain itu, dapat membuat permukaan mobil berkarat dan body mobil akan lebih cepat kotor.

Nah, untuk mencegahnya, berikut tips jitu merawat mobil saat musim hujan, seperti Liputan6.com sitat dari laman resmi Daihatsu Indonesia:

1) Jangan Biarkan Air Hujan Mengering

Saat mobilmu kehujanan dan basah kuyup, jangan membiarkan air hujan mengering dengan sendirinya.

Cepat cuci mobilmu, hilangkan air hujan yang diam-diam bisa merusak cat dan lapisan mobilmu. Gunakan sabun pencuci mobil dan juga spons yang halus dan bilaslah dengan air hingga bersih.

2) Periksa Bagian Komponen Mesin Mobil

Banyak orang setelah mobilnya kehujanan, hanya akan mengelap dan memeriksa bagian luar dari mobil saja. Tapi, cobalah periksa bagian mesin mobil, karena air adalah benda cair yang akan sangat mudah masuk melalui celah sekecil apa pun.

Jadi, Anda harus memastikan bahwa air tidak masuk ke dalam mesin dan membuat mobilmu mogok saat akan dikendarai lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

3. Semprotkan Silicon Spray

Mobil memiliki bagian karet dan kaca dari beberapa sisinya. Jika karet dan kaca ini sering kehujanan lalu kepanasan, maka bagian kaca dan karet itu akan mudah rusak.

Oleh karena itu, sebaiknya secara berkala kamu bisa menyemprotkan cairan silikon untuk membuat bagian kaca dan karet lebih awet dan lentur.

4) Tambahkan Karpet untuk Mencegah Jamur

Saat musim hujan tiba, penumpang yang masuk ke dalam mobil akan sangat rawan dengan alas kaki yang basah, lalu membasahi lantai mobil dan akhirnya kotor lalu menjadi jamur di lantai mobil.

Jadi, sebaiknya tambahkan karpet untuk melapisi alas mobil. Hal ini dilakukan untuk menghindari lantai yang akan cepat kotor saat musim hujan dan juga jamur yang mudah tumbuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini