Sukses

2.500 Kendaraan Uji Emisi Gratis di Kemayoran, Ini Kata Anies

Liputan6.com, Jakarta Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, bekerjasama dengan pihak terkait, seperti beberapa agen pemegang merek (APM) kendaraan di Indonesia mengadakan uji emisi gratis. Kegiatan ini dilakukan di Bundaran Patung Ondel-Ondel Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017).

Ditargetkan, sebanyak 2.500 kendaraan, baik penumpang dan komersial mengikuti uji emisi kolosal ini, yang dimulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. Pelaksanaan uji emisi ini sendiri, dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dijelaskan Isnawa Adji, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, bertambahnya populasi kendaraan merupakan faktor utama penyebab kemacetan dan meningkatnya polusi udara. Dengan begitu, pastinya bakal berdampak pada kesehatan masyarakat Jakarta.

"Secara khusus, kegiatan ini memiliki tujuan untuk mencanangkan kembali kegiatan uji emisi kendaraan sebagai gerakan di masyarakat untuk mengendalikan pencemaran udara di DKI Jakarta," jelas Isnawa di sela-sela ceremony uji emisi gratis di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Lanjutnya, kegiatan ini juga sekaligus mensosialisasikan sistem aplikasi uji emisi yang sedang dikembangkan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. "Ketiga, untuk memberitahu masyarakat, jika Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk terus mendukung kendaraan yang ramah lingkungan," tegasnya.

Sementara itu, dijelaskan Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, program uji emisi ini merupakan langkah besar untuk menurunkan pencemaran udara di Jakarta.

"Program ini bukan hanya soal lingkungan, tapi bagaimana membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup," jelas Anies di tempat yang sama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan ASIAN Games

Selain itu, kegiatan uji emisi ini juga langkah untuk mendukung DKI Jakarta sebagai salah satu tuan rumah ASIAN Games 2018, yang bakal berlangsung Oktober tahun depan. 

"Tentunya, kualitas udara di Jakarta yang bersih menjadi prasyarat yang penting sebagai penyelanggaraan ASIAN Games. Oleh karena itu, kita menghimbau masyarakat untuk mengikuti uji emisi ini secara gratis," tutup Isnawa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.