Sukses

Tahun Depan, Perpanjang STNK Kendaraan Harus Lolos Uji Emisi

Liputan6.com, Jakarta - Bertambahnya populasi kendaraan tidak hanya berdampak pada kemacetan, tapi juga polusi udara. Dengan begitu, dibutuhkan satu cara untuk mengurangi pencemaran udara tersebut, dan salah satunya penerapan uji emisi kendaraan.

Bahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji menginginkan, pelaksanaan uji emisi kendaraan harus menjadi salah satu persyaratan untuk memperpanjang pajak kendaraan atau Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

"Nantinya, para pemilik kendaraan yang ingin memperpanjang pajak kendaraan bermotornya harus lulus uji emisi kendaraan. Jadi, mau tidak mau pemilik kendaraan harus memenuhi baku mutu ambang batas emisi gas buang kendaraan," ujar Isnawan di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Lanjutnya, saat ini DLH DKI Jakarta sudah memulai rapat mengenai uji emisi sebagai syarat perpanjangan STNK dengan pihak terkait, dan diharapkan tahun depan, peraturan inis udah bisa disahkan dan dijalankan.

"Sangat bisa tahun depan, karena tadi bapak Gubernur (Anies Baswedan) juga tidak mau berlama-lama," tegasnya.

Saat ini pihak DLH DKI Jakarta juga sedang mengembangkan e-uji emisi, dan bekerjasama dengan smart city dan bengkel-bengkel di wilayah DKI Jakarta. Jadi, nanti saat pemilik kendaraan melakukan perawatan berkala, sudah termasuk pelaksanaan uji emisi.

"Saat ini, sudah ada 220 bengkel yang terintegrasi dan bakal terus bertambah. Nanti, data uji emisi di bengkel yang sudah kita verifikasi akan masuk ke server kita, dan di akhir tahun secara real time kita bisa pantau yang sudah lolos uji emisi," pungkasnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2.500 Kendaraan Uji Emisi Gratis

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, bekerjasama dengan pihak terkait, seperti beberapa agen pemegang merek (APM) kendaraan di Indonesia mengadakan uji emisi gratis. Kegiatan ini dilakukan di Bundaran Patung Ondel-Ondel Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017).

Ditargetkan, sebanyak 2.500 kendaraan, baik penumpang dan komersial mengikuti uji emisi kolosal ini, yang dimulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB. Pelaksanaan uji emisi ini sendiri, dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dijelaskan Isnawa Adji, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, bertambahnya populasi kendaraan merupakan faktor utama penyebab kemacetan dan meningkatnya polusi udara. Dengan begitu, pastinya bakal berdampak pada kesehatan masyarakat Jakarta.

"Secara khusus, kegiatan ini memiliki tujuan untuk mencanangkan kembali kegiatan uji emisi kendaraan sebagai gerakan di masyarakat untuk mengendalikan pencemaran udara di DKI Jakarta," jelas Isnawa di sela-sela ceremony uji emisi gratis di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Lanjutnya, kegiatan ini juga sekaligus mensosialisasikan sistem aplikasi uji emisi yang sedang dikembangkan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. "Ketiga, untuk memberitahu masyarakat, jika Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk terus mendukung kendaraan yang ramah lingkungan," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.