Sukses

Lihat, Cuci Mobil Otomatis Terkecil di Dunia

Liputan6.com, Michigan Setiap pabrikan otomotif memiliki cara unik tersendiri untuk menguji produk buatannya. Terkadang metode yang digunakan tidak terbayangkan sebelumnya, bahkan sangat sederhana dan akrab dengan lingkungan sekitar.

Misalkan Nissan yang memiliki metode unik untuk menguji kualitas catnya saat digunakan sehari-hari. Dengan menggunakan mesin cuci mobil otomatis berukuran kecil, hanya sebesar mesin pembuat pop corn, cara ini dianggap mewakili skenario saat mobil dicuci.

Mesin tersebut berputar dengan sebanyak 180 kali per menit. Bahkan dalam pengujian, mobil berskala kecil disemprotkan dengan air dan juga diberikan kotoran yang cukup tebal.

Semakin banyaknya konsumen yang menggunakan metode cuci mobil otomatis membuat pengujian seperti ini diperlukan.

Hanya saja, dalam pengujian sebenarnya, Nissan menggunakan lempengan yang sudah dilapisi cat sebenarnya. Penggunaan mobil berskala kecil hanya untuk kebutuhan ilustrasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Cara Bersihkan Mesin Mobil Sendiri di Rumah

Memasuki libur akhir pekan, ada baiknya para pemilik mobil sedikit lebih peduli tunggangannya, seperti mencuci atau memoles ke salonmobil .

Namun tak hanya itu, mengisi akhir pekan bisa juga membersihkan bagian mesin, yang merupakan motor penggerak mobil.

Seperti dilansir situs Daihatsu.co.id, area mesin kerap dilupakan pemilik kendaraan saat dibersihkan. Padahal, kebersihan mesin mobil dapat membuat mesin makin awet dan tidak rewel.

Namun, membersihkan mesin mobil harus dilakukan dengan cara hati-hati lantaran bagian ini paling sensitif. Di dalamnya ada bagian mesin yang mesin yang tidak boleh terkena air, seperti bagian aki, kabel, dan sensor.  

Namun, Anda bisa membersihkan mesin mobil tersebut dengan mudah di rumah. Langkah-langkah berikut ini akan membantu kamu dalam membersihkan mesin mobil.

1. Cek Kelistrikan Mobil

Sebelum membersihkan mesin mobil, pastikan semua aliran listrik dalam keadaan mati. Hal itu sangat berbahaya jika tempat tersebut dalam kondisi menyala lalu terkena air. Selain itu, kondisi mesin dinyalakan dahulu untuk mempermudah proses pelepasan kerak-kerak yang menempel pada bagian mesin mobil.

2. Bagian Elektrik Bungkus dengan Plastik

Setelah mesin mobil dalam keadaan hangat serta sistem kelistrikan mati, bungkus perangkat elektrik yang ada pada mesin agar tidak kemasukan air saat proses pencucian. Kamu bisa menutupnya dengan alumunium foil atau apa saja yang penting perangkat elektrik tersebut aman dari air.

3. Pilih Bagian yang Mudah

Pilihlah bagian yang mudah terlebih dahulu, biasanya bagian paling bawah kap mobil, semprot bagian tersebut dengan air, tetapi ingat jangan semprot dengan air bertekanan tinggi. 

4. Hati-hati

Untuk bagian inti mesin, kamu bisa menggunakan cairan engine degreaser pada mesin. Semprotkan engine degreaser ke mesin yang terkena noda karena cairan ini ampuh membersihkan noda membandel. Setelah menyemprotkan cairan, diamkan dan tunggu selama 10 menit. Untuk meratakan cairannya, gunakan kuas untuk menyapukan cairan ke seluruh bagian mesin.

 5. Pembilasan

Saat membilas cairan engine degreaser, gunakan spray agar air tidak mengucur terlalu deras atau menciprat ke mana-mana. Sambil menyemprotkan air, lap mesin mobil dengan sedikit tekanan pada bagian-bagian yang terkena noda. 

Jika masih ada noda, bisa juga menggunakan sikat dan menambahkan sabun colek. Sikatlah bagian mesin yang terkena noda. Namun berhati-hatilah agar sabun tidak merembes ke sistem kelistrikan mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.