Sukses

50 Tahun Berburu, Porsche Temukan Harta Karun

Musem Posrche baru menambah koleksi Porsche 911 lansiran 1964.

Liputan6.com, Stuttgart - Museum Porche di Stuttgart, Jerman, baru saja mendapatkan koleksi mobil terbaru. Tak tanggung-tanggung, mobil tersebut adalah Porsche 911 lansiran 1964.

Model mobil sangat ditunggu-tunggu dan dicari pihak museum, karena tergolong sangat langka dan menjadi salah satu model sport yang pertama kali diproduksi Porsche.

Dilansir Carscoops, Senin (18/12/2017), cerita penemuan mobil Porsche langka tersebut pertama kali diketahui saat salah satu TV Jerman yang melakukan pengambilan gambar di sebuah gudang di Brandenburg, prihal acara barang antik.

Kala itu seorang kru TV menghubungi museum Porsche untuk melakukan pemeriksaan. Benar saja, saat pihak museum Porsche datang, mereka menemukan salah satu mobil sport yang lama diburu.

Tak panjang lebar, setelah menemukan mobil langka tersebut pihak museum langsung menebusnya dari pemilik gudang.

Karena bentuknya tak karuan dengan bodi penuh karat diberbagai sisi dan tak memiliki pintu, maka mobil itu langsung direstorasi ulang.

Untuk merombaknya, pihak museum merubahnya dengan sejumlah parts asli, mulai dari mesin, transmisi, listrik dan juga interior. Mobil langka ini diselesainkan dalam waktu hingga tiga tahun.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harta Karun Langka

Untuk mendapatkan mobil sport Porsche 911 sebagai koleksi musem, mereka harus mencari selama 50 tahun. Pencarian tak sia-sia setelah mobil dengan nomor seri 300.057 ditemukan.

Mobil ini sangat spesial, sebab kala itu Porsche membangun 911 hanya 235 unit, dan 82 produksi awal, disebut 901. Salah satunnya mobil yang kini masuk museum Porsche.

Adapun perubahan nama dari 901 menjadi 911, karena saat itu Peugeot protes penamaan sama berupa tiga angka dengan angka 0 di tengah.

Sejurus kemudian, Porsche mengalah dan mengubah angka tengah menjadi 1. Sejak saat itulah muncul nama Porsche 911.

Porsche disebut membeli 901 merah dengan US$ 125.000 atau sekitar Rp 1,7 miliar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini