Sukses

Wuling Cortez Muncul, Ini Deretan Mobil yang Terancam

Setelah menghadirkan low multi purpose vehicle (LMPV) harga terjangkau, kini Wuling menghadirkan Cortez. Model apa saja yang terancam?

Liputan6.com, Jakarta - Wuling Motors semakin menancapkan tajinya di pasar otomotif Tanah Air. Setelah menghadirkan low multi purpose vehicle (LMPV) dengan harga terjangkau, kini pabrikan asal Tiongkok ini mengancam dengan MPV medium teranyarnya, Wuling Cortez.

Meskipun baru diperkenalkan, dan belum diluncurkan secara resmi, namun Wuling Cortez sudah dipercaya mampu menumbangkan pemain lama dan penguasa pasar MPV medium. Lalu, model apa saja yang berpotensi digusur pemain baru asal Negeri Tirai Bambu tersebut?

1) Toyota Innova

Berbicara soal Toyota Innova, memang cukup sulit untuk menumbangkan mobil legendaris ini, tapi bukan berarti tidak mungkin. Salah satu MPV andalan Toyota Indonesia ini, memang sudah beredar 40 tahun di Tanah Air dan sudah terjual sekitar 1,7 juta unit.

Bahkan, memasuki tahun ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan varian paling tinggi, yaitu Venturer. Jika dilihat dari desainnya, Venturer ini diklaim memiliki gaya adventure, namun tetap mempertahankan gaya elegan seperti halnya Kijang Innova yang lainnya.

Untuk jantung pacu, tidak berbeda dengan varian Toyota Kijang Innova versi biasa, yaitu mesin bensin bertipe 1TR-FE 4 berkapasitas 1.998cc 16 Valve DOHC, Dual VVT-I. Dengan unit tersebut, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 137 Tk pada 5.600 rpm dan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm.

Sementara untuk mesin diesel 2 GD FTV dilengkapi kapasitas 2.393 cc, 16 valve DOHC VNT intercooler yang mampu memuntahkan tenaga 146,9 Tk pada 3.400 rpm dan torsi 360-342 Nm pada 1.200-2.800 rpm.

Harganya, jika Toyota Kijang Innova dibanderol mulai Rp 298,7 juta sampai Rp 404,2 juta. Sementara untuk Toyota Venturer dibanderol mulai Rp 394,5 juta sampai Rp 453, 8 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Toyota Sienta

2) Toyota Sienta

Untuk model yang berpotensi digusur Wuling Cortez, kembali dari model MPV milik PT Toyota Astra Motor (TAM), Toyota Sienta. Model ini, hadir di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 lalu.

Datang dengan empat tipe, yaitu E, G, V, dan Q, model ini dibanderol mulai dari Rp 230 juta hingga Rp 295 juta.

Berbicara desain Toyota Sienta, dari sisi eksterior, model ini dilengkapi dengan sliding door untuk semua tipe dan power sliding door untuk grade Q, V, dan G. Mobil ini juga dilengkapi dengan front and rear disc brake dengan alloy wheel 16 inci.

Beralih ke interior, Toyota Sienta menawarkan akomodasi tujuh orang penumpang, dengan baris dua dan tiga yang bisa dilipat. Khusus grade Q, V, dan G, Toyota berikan touch screen audio system yang dilengkapi fitur WiFi, internet browser, dan voice command.

Di sektor jantung mekanis, Sienta menggendong mesin dual VVT-i 1,5 liter yang semburkan tenaga 107 Tk dan torsi 140 Nm. Mesin ini disandingkan dengan transmisi otomatis 7 percepatan atau manual 6 percepatan.

3 dari 3 halaman

Nissan Grand Livina

3) Nissan Grand Livina

Model MPV terakhir, yang penjualan bisa makin menukik setelah kehadiran Wuling Cortez, adalah Nissan Grand Livina. Model ini, memang masih belum dapat penyegaran, dari terakhir dilakukan pada 2016 lalu.

Untuk jantung penggeraknya, Nissan Grand Livina dipersenjatai dengan mesin HR15DE berkapasitas 1.500 cc dengan dual injector dan Twin VTC (Intake dan Exhaust).

Kombinasi tersebut menghasilkan perpaduan yang optimal antara performa mesin dengan efisiensi bahan bakar, serta sensasi akselerasi lebih halus tanpa hentakan saat perpindahan gigi.

New Grand Livina dijual dengan rentang harga Rp 202,5 – Rp 257,8 juta (on the road Jabodetabek). MPV ini tersedia di 120 outlet Nissan di seluruh Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.