Sukses

Transmisi i-AMT Wuling Cortez Canggih dan Minim Biaya Perawatan

Liputan6.com, Jakarta - Wuling Cortez bakal meramaikan pasar otomotif nasional mulai tahun depan. MPV yang disebut-sebut sebagai calon penantang Toyota Kijang Innova ini hadir dengan pilihan transmisi otomatis dan manual.

Vice President VSSM Wuling Motors Cindy Cai menyebut, berbeda dengan transmisi AMT pada umumnya, transmisi i-AMT yang digunakan Cortez memiliki respons yang baik dan hampir tidak ada selip. Tidak cuma itu, biaya perawatannya juga lebih terjangkau dibanding transmisi otomatis konvensional.

"Transmisi otomatis konvensional dilengkapi dengan pelumas ATF yang harus diganti secara berkala. Kalau transmisi i-AMT tidak ada pelumas ATF-nya, jadi biaya perawatan lebih murah," terang Cindy dalam keterangan resminya, Selasa, (26/12/2017).

Sekadar informasi, i-AMT milik Wuling Cortez merupakan pengembangan khusus dari Aisin-Warner yang tak lain adalah pemasok drivetrain OEM (Original Equipment Manufacturer) ke berbagai pabrikan mobil Jepang hingga Eropa, seperti Toyota, Mitsubishi, Nissan, Mini, Volvo, Ford, dan Chrysler.

Pengembangan khusus tersebut dilakukan pada pengontrol modulnya. AMT dikendalikan oleh TCM (Transmission Control Module) yang berfungsi untuk mengontrol clutch motor, shift motor, dan selector motor.

Di Cortez sendiri, perangkat TCM sudah mendapat sentuhan khusus agar menghasilkan output yang maksimal.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Wuling Cortez memiliki dimensi cukup gambot. Panjangnya mencapai 4.780 mm, sementara lebar dan tingginya masing-masing 1.816mm dan 1.755mm.

Adapun jantung mekanis yang digunakan berupa mesin bensin 1.8L 4-silinder in-line DOHC. Cortez juga dilengkapi dengan dua mode berkendara, yakni Eco dan Sport.

Sementara fitur-fitur yang dimiliki tidak kalah dibanding kompetitornya, seperti Automatic Vehicle Holding (AVH) yang berfungsi untuk menjaga mobil tetap berhenti dalam kondisi jalan yang menanjak, menurun, ataupun datar dan Electronic Stability Control (ESC) yang berfungsi untuk menjaga kestabilan berkendara secara otomatis ketika adanya indikasi pengemudi mengalami kehilangan kendali.

Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA) melengkapi fitur keamanan saudara Wuling Confero tersebut. Makin asyik lagi, mobil ini juga dilengkapi 2 sensor depan dan 4 sensor belakang untuk memudahkan memarkir kendaraan.

Artikel Selanjutnya
Daftar Mobil Baru Bertransmisi CVT di Bawah Rp 300 Juta
Artikel Selanjutnya
Top3: Razia Vespa Gembel dan Transmisi AMT Wuling Cortez