Sukses

Hal Sepele yang Bisa Bikin AC Bermasalah

Mematikan atau menghidupkan AC secara mendadak, menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak awet.

Liputan6.com, Jakarta - Kabin mobil dengan Air Conditioner (AC) atau penyejuk udara yang memiliki kinerja optimal dipastikan mampu membuat pengemudi dan penumpang nyaman di dalamnya.

Namun begitu, tak banyak pemilik mobil yang tahu jika AC bisa mengalami masalah. Bahkan, akar masalah pada AC disebabkan hal sepele.

Seperti dilansir situs bengkel AC Rotary Bintaro, yang sering membuat AC mobil bermasalah yaitu mematikan atau menghidupkan AC secara mendadak. Maka inilah yang menjadi salah satu penyebab AC mobil tidak awet alias tahan lama.

“Pada saat keadaan rpm tinggi, putaran kompresor juga sangat tinggi. Apabila AC mobil tiba-tiba dimatikan, maka kompresor mobil tiba-tiba akan menanggung beban yang cukup besar,” tulis situs AC Rotary Bintaro.

Selain itu, jika AC mobil tiba-tiba dimatikan, maka kondisi ini juga akan menyebabkan terjadinya gesekan yang berada dalam bagian AC mobil.

Dengan kebiasan tersebut, tidak menutup kemungkinan AC mobil akan cepat rusak. Terutama komponen yang memang sangat sensitif, seperti beberapa bagian menjadi mudah bocor, aus, atau rusak, sehingga harus diganti dengan komponen yang baru.

Dengan melakukan perbaikan, terntunya Anda akan mengeluarkan biaya yang lumayan untuk perbaikan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal Sepele Lainnya

Masalah lain yang sering terjadi pada AC yaitu debu dan kotoran masuk ke lubang filter. Sadar atau tidak, hal ini terjadi karena sering kali membuka kaca mobil secara tiba-tiba pada saat AC dihidupkan.

“Debu dan kotoran yang ada di luar sana tentu akan masuk ke dalam kabin dan terserap oleh filter kabin. Debu yang masuk tidak hanya menempel di bagian filter kabin saja. Namun, juga pada blower dan komponen lainnya sehingga sirkulasi udara pada AC mobil menjadi tidak lancar,” terangnya.

Selain itu, kebiasaan merokok di dalam mobil juga menjadi penyebab lainnya. Asap dari puntung rokok yang diserap oleh filter kabin nantinya akan lengket dan menjadi sangat sulit dibersihkan.

Tidak hanya itu, jika asap yang menempel terlalu banyak, filter kabin perlu diganti dengan filter baru agar AC mobil kembali menghembuskan udara dingin.

3 dari 3 halaman

5 Kemungkinan Masalah Jika Telat Cek AC secara Berkala

Sudah sewajarnya para pemilik mobil melakukan perawatan pada tunggangannya. Tak hanya mesin, bagian penyejuk udara atau air conditioner (AC) juga wajib dicek.

Seperti dikutip situs Rotary Bintaro, jika Anda terlambat mengecek AC mobil, akibatnya bisa fatal.

Setidaknya, ada lima kemungkinan masalah jika terlambat melakukan pengecekan, yaitu AC mobil akan tidak terasa dingin, AC mobil cepat rusak, kondisi mesin pada mobil cepat panas, mengurangi kenyamanan, dan AC mobil terdengar berisik.

Pengecekan AC mobil disarankan setiap tiga bulan sekali. Salah satu bagian komponen yang wajib dicek, yaitu evaporator AC.

Seperti halnya manusia, jika digunakan setiap hari, AC mobil juga akan lebih rentan terkena masalah. Oleh karena itu, mobil yang sering digunakan setiap hari, ada baiknya dicek setiap bulan.

“Ingat! Kesalahan sepele juga akan menimbulkan dan berdampak besar bagi AC mobil Anda, jika Anda meremehkan hal ini,” tulis situs Rotary Bintaro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.