Sukses

TVS Uji Skutik Baru, Ini Penampakannya

Liputan6.com, Delhi - Sesosok skutik dengan kamuflase tertangkap kamera di jalanan India. Diperkirakan, skutik tersebut adalah TVS Graphite.

Dilansir Rushlane, Selasa (2/1/2018), adalah seorang Youtuber bernama Irfan Ahmed yang mendapati skutik anyar tersebut sedang terparkir di pinggir jalan. Sejurus kemudian ia mengabadikan skuter yang pernah dipamerkan sebagai motor konsep di Auto Expo 2014 tersebut.

Meski tidak terlihat dengan jelas karena tertutup kamuflase, skutik yang tersedia dalam dua pilihan mesin 125 cc dan 150 cc tersebut masih terlihat sporty.

Disebutkan, skuter ini dilengkapi panel instrumen digital lengkap dengan GPS dan memiliki lampu seinLED. Sementara tutup tangki bahan bakarnya berada di bagian belakang.

Sekadar informasi, TVS Graphite mengusung teknologi Automated Manual Transmission (AMT) yang diklaim menghasilkan perpindahan gigi yang cepat dan sangat presisi sehingga menghasilkan performa dan pengendalian yang maksimal.

Skutik ini juga dibekali teknologi immobilizer dan Smart Electronic Key hadir sebagai fitur keamanan.

Diperkirakan, Auto Expo 2018 yang berlangsung Februari mendatang menjadi debut global skutik anyar tersebut. So, tunggu saja kabar selanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Kantongi Hak Paten Hybrid

Pabrikan motor asal India, TVS, dikabarkan sudah mendapatkan hak paten teknologi hybrid untuk sepeda motor. Teknologi ini memungkinkan sepeda motor memiliki dua unit penggerak, yaitu mesin listrik dan bensin.

Disitat Business Standard, Senin (8/5/2017), pengajuan teknologi hybrid dari TVS ini sejatinya sudah diajukan pada 2008 lalu. Namun, saat pengajuan sembilan tahun lalu, fitur hybrid masih sekedar teknologi belum diwujudkan dalam sepeda motor.

Namun, dua tahun kemudian TVS memperlihatkan sepeda motor berteknologi hybrid terbarunya, Qube di ajang Delhi Auto Expo. Model prototipe tersebut, menggabungkan mesin konvensional milik TVS Scoopy Pep dan dipadu dengn motor listrik.

Setelah itu, motor hybrid TVS ini juga kembali dipamerkan pada 2012, dengan tambahan mesin berkapasitas 109,7 cc. Setelah itu, pada 2014 kembali diperkenalkan di ajang Auto Expo berbarengan dengan hub yang terpasang di motor listrik.

Untuk kapasitas baterainya, lengkap mulai baterai berukuran 500 Wh dengan unit lithium ion 150 Wh. Berat bobot motor hanya 108 kg, dengan top speed yang ditentukan 75 km/jam.

Selain itu, TVS Qube hybrid ini diklaim mampu mengurangi 30 persen emisi karbon, dan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar sebesar 30 persen dari skuter konvensional.

Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Heboh Mobil Bermuka Ganda dan SUV Terlaris
Artikel Selanjutnya
Kawasaki Siapkan KLX 150 Facelift, Kapan Rilis?