Sukses

Keren, Wujud VW Kombi Listrik Masa Depan, Seperti Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa otomotif asal Jerman, Volkswagen, memang telah menghentikan produksi mobil campervan atau minibus yang akbrab disebut VW Kombi. Padahal mobil ini telah lebih dari 1,5 juta unit terjual sejak diproduksi 1950-an.

Pada era 1960 sampai 1970-an, VW Kombi menjadi salah satu mobil ikonik. Mobil ini banyak dimiliki masyarakat Amerika Utara sebagai simbol kebebasan dan keterbukaan pikiran.

VW Kombi juga memiliki desain unik karena bentuknya yang besar dan lega, serta fungsinya beragam. Bahkan mereka senang membawa mobil ini sebagai kendaraan untuk kemping. 

Namun seiring dengan perkembangan zaman, atau tepatnya pada 2013 lalu, VW mengumumkan bahwa Kombi dihentikan produksinya karena masalah keamanan. Salah satunya akibat tak menggunakan fitur airbag dan ABS.

Akan tetapi VW rupanya tak patah arang. Mereka pun membuat penerus VW Kombi dengan menanggalkan mesin bakar, alias mengusung motor listrik. Ya, dia adalah I.D. Buzz.

Mobil konsep ini dibangun dengan inspirasi model Kombi, dan diharapkan bisa dijual pada 2022. Demikian dilansir flipboard.com, Minggu (7/1/2018).

Pertama kali VW memamerkan perdana I.D, Buzz di Detroit Motor Show. Desain mobil satu ini kental dengan aura retro, dan VW sengaja mempertahankan darah campervan untuk mengembalikan memori konsumen. Bagi pecinta VW Type 2, yang debut pada 1950 tentu tak asing.

Ini terlihat dari paduan dua warna dengan bentuk hidung datar di depan dan atap yang dibuat timbul. Pintunya pun hanya dua.

1 dari 7 halaman

Selanjutnya

Selain desainnya yang dibuat futuristik dengan memadukan aura retro, VW turut mengaplikasikan lampu LED di depan dan belakang, serta aksen garis menyela kontras dengan warna bodi.

2 dari 7 halaman

Selanjutnya

Jantung mekanis I.D Buzz mengandalkan dua motor listrik yang bisa memuntahkan tenaga setara 369 Tk. Sebagai perbandingkan VW Type 2 yang debut pada akhir 1960 dan awal 1970 cuma bertenaga 50 Tk.

Mobil ini dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5 detik dan mampu dipacu dengan kecepatan maksimal hingga 99 mil/jam.

3 dari 7 halaman

Selanjutnya

Konfigurasi kursi pada baris pertama dan kedua bisa diatur sesuai kebutuhan. Sehingga, menambah keasyikan berkumpul dengan keluarga di dalam mobil.

4 dari 7 halaman

Selanjutnya

Kabin bernuansa futuristik dan menghilangkan tombol atau tuas yang umumnya ada pada mobil. Head unit yang merangkap fitur infotainment berbasis tablet. Bahkan untuk membuka mobil ini bisa juga dengan menggunakan telepon Anda namun bisa juga secara manual.

Kemudi tidak lagi berwujud lingkaran tapi persegi. Seperti mobil zaman now, setir ini sudah multi fungsi (multi function steering wheel). Hanya saja sudah menerapkan layar adaptif untuk pengaturannya.

5 dari 7 halaman

Selanjutnya

Desain mobil rekreasional memiliki akses yang besar di setiap pintunya.

6 dari 7 halaman

Selanjutnya

Untuk sekali pengecasan, mobil ini mampu menempuh hingga 300 mil atau sekitar 480 kilometer.

O ya, mobil ini pakai velg 22 inci.

Artikel Selanjutnya
Ferrari Bakal Tantang Tesla dengan Supercar Listrik
Artikel Selanjutnya
Rencana Besar VW Selama Tahun 2018, Apa Saja?