Sukses

Momen Langka, Perawatan Berkala Motor Lawas Yamaha

Liputan6.com, Iwata - Yamaha Motor Co., Ltd. memiliki tempat bersejarah bernama Yamaha Communication Plaza yang terletak di Iwata, Shuzioka, Jepang. Tempat ini merupakan museum yang di dalamnya bersemanyam produk-produk pabrikan berlambang garpu tala tersebut.

Yamaha menyebut Communication Plaza sebagai tempat untuk menunjukkan masa lalu, masa sekarang dan masa datang. Pasalnya, di sini terdapat produk-produk terdahulu, sampai yang saat ini beredar di pasaran hingga calon produk terbaru Yamaha.

Pada Oktober 2017, Yamaha melakukan perawatan rutin terhadap beberapa penghuni museum. Informasi berupa video singkat ini diunggah @yamaha_bike melalui media sosial Instagram.

Dalam caption yang tertulis dalam bahasa Jepang itu disebutkan ada 24 motor bersejarah yang mengantre untuk diservis oleh teknisi yang berasal dari Yamaha Technical Center.

Beberapa model lawas yang sedang menjalankan perawatan adalah motor 2-tak legendaris Yamaha HS-1 dan YZR 500 lansiran 1987 yang pernah ditunggangi pembalap Eddie Lawson. Tidak cuma dibersihkan bodi dan memastikan komponen-komponen lainnya berfungsi dengan baik.

"Setahun sekali, kami akan melakukan tes lari yang sesungguhnya pada jalur tertutup," tulis Yamaha.

 

2017年10月の某日#コミュニケーションプラザ の収蔵する歴史車両24台が#ヤマハ発動機 が運営する自動車教習所#ヤマハテクニカルセンター に集められました。HS-1のような#ヴィンテージ から初代YZF-R1といった比較的新しいモデルまで、じつにバリエーションに富んだ顔ぶれで、なかにはエディー・ローソンが駆った87年式YZR500(OW86)といったレーサーまで用意されました。 コミュニケーションプラザの展示車両は「#動態保存」を旨としている。したがって工場出荷状態を目指して#レストア された車両は、その後も継続的なメンテナンスを施して状態を維持していく。そして1年に1度はこうしてクローズドコースで実走テストを行います。 #communicationplaza #restore#bikelove#vintage

A post shared by ヤマハ バイク (@yamaha_bike) on

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sekadar informasi, di Yamaha Communication Plaza tidak hanya menampilkan motor-motor saja, beberapa produk lain juga dipajang, seperti kapal motor, perahu layar bermotor, motor tempel, mobil salju, kendaraan golf, mesin mobil, generator ATV, pendingin ruangan GHB, robot-robot industri dan sepeda elektronik-hibrida PAS.

Selain itu, terdapat bermacam-macam cinderamata seperti jaket, t-shirt, kemeja, jam, topi, gantungan kunci, hingga miniatur motor Yamaha.

Di sini juga terdapat Toyota 2000 GT dan Lexus LFA dimana mesin kedua mobil tersebut dibuat oleh insinyur pabrikan berlambang garputala.

Artikel Selanjutnya
1.000 Bikers Suzuki Berkumpul di Minggu Pagi, Ada Apa?
Artikel Selanjutnya
Mesin VVA, Tenaga Yamaha Lexi 125 Lebih Besar dari Kompetitor?