Sukses

Jangan Anggap Sepele, Lakukan 4 Hal Ini untuk Rawat Karpet Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Karpet mobil kerap kali dianggap tidak penting oleh pemilik mobil. Padahal dengan karpet yang bersih, bakal meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang di dalam mobil.

Fungsi karpet sendiri, sebagai pelapis dasar antara plat dasar kendaraan dengan ruang kabin. Selain itu, karpet dasar juga befungsi untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang, serta meningkatkan estetika kabin sehingga menghadirkan nuansa bersih, mewah dan hangat.

Nah, saat ini hampir setiap kendaraan dilapisi dengan karpet dasar standar berbahan beludru kasar. Untuk kemudahan dalam menjaga kebersihan, sebagian konsumen melapisi alas dasar menggunakan bahan kulit sintetis, karet, dan Poly Vinyl Chloride (PVC) atau disebut comfort mat.

Untuk merawat karpet dasar ini, sejatinya cukup mudah. Berikut, empat cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan karpet dasar seperti disitat pressroomtoyotaastra.com, Kamis (11/1/2018):

1. Pilih sikat yang tepat

Sikat memiliki tekstur bulu yang berbeda. Untuk kendaraan yang memiliki karpet dasar berbahan beludru halus, seperti yang terdapat pada Corolla Altis, Fortuner, Camry, Alphard, dan Vellfire, sebaiknya gunakan sikat berbulu halus untuk melindungi lapisan beludru agar tetap halus dan lembut.

Sementara itu, untuk jenis beludru kasar, seperti yang terdapat pada Avanza, Agya, Innova, Venturer, Veloz, dan Calya sebaiknya gunakan sikat dengan bulu yang lebih padat serta keras. Hal tersebut, untuk memberikan kemudahan dalam mengangkat debu.

Tidak hanya itu, sikat juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada karpet berbahan semi kulit dan karet.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Gunakan vacuum cleaner

Hampir setiap karpet memiliki serat yang berbeda, seperti pada bahan beludru dan PVC. Untuk mempermudah perawatan karpet dasar, sebaiknya gunakan vacuum cleaner.

Vacuum cleaner berfungsi untuk menghisap debu secara merata, dan mampu menghisap bagian yang sulit dijangkau. Pada beberapa vacuum cleaner, terdapat penghisap debu yang sekaligus bisa menghilangkan bakteri yang menempel pada karpet dasar.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Bersihkan dengan sabun dan air

Karpet dasar sebaiknya dibersihkan dengan cara mencuci menggunakan sabun anti bakteri serta air. Bersihkan secara menyeluruh di setiap bagian, serta sudut karpet dasar.

Dengan menggunakan sabun dan air, bisa berfungsi untuk menghilangkan debu dan noda yang ada di karpet dasar. Selain itu, karpet dasar sebaiknya juga dijemur, hingga kondisi kering secara sempurna untuk menghadirkan interior yang nyaman, bersih, serta wangi.

4. Bersihkan secara berkala

Terakhir, jaga kebersihan karpet dasar secara berkala, setidaknya dua minggu sekali.

Artikel Selanjutnya
Trik Mudah Membersihkan Kamar
Artikel Selanjutnya
Top3: Tips Hotman Paris Biar Bisa Beli Lamborghini