Sukses

Pesaing Datang, Daihatsu Punya Strategi Jitu Tahun Ini

Liputan6.com, Padang Persaingan di industri otomotif tahun ini diprediksi bakal kembali seru. Terlebih, tahun ini merupakan tahun politik, yang pastinya besar atau kecil mempengaruhi penjualan kendaraan roda empat atau roda dua.

Menurut Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk pasar otomotif tahun ini bakal stagnan.

"Meskipun banyak model, belum bisa menggerakkan penjualan mobil tahun lalu. Secara ranking, meskipun belum final jika dilihat dari data wholesale Daihatsu memang nomor tiga, sedangkan secara retail Daihatsu nomor dua," jelas Amelia di sela-sela test drive Daihatsu Terios di Padang, Sumatera Barat, Kamis (11/1/2018).

Lanjut wanita yang akrab disapa Amel ini, dengan pasar yang stagnan tahun ini, Daihatsu tidak memasang peningkatan target. Pabrikan asal Jepang ini berharap, bisa menjual kendaraan sebanyak 180 ribuan unit tahun ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

"Strategi kami memang secara keseluruhan, bukan satu produk saja. Ada empat pilar strategi, pertama itu buat produk yang sesuai dengan pasar Indonesia," tambah Amel.

Untuk pilar strategi selanjutnya, Daihatsu terus meningkatan pelayanan dengan membangun outlet harus ada di tempat yang dibutuhkan. Lalu, sumber daya manusia atau ADM Daihatsu yang melayani konsumen dengan menyenangkan.

"Terakhir, pelayanan kami terhadap konsumen harus yang terbaik dan cepat," pungkas Amel.

2 dari 3 halaman

Kemolekan Daihatsu Xenia Terbukti Memudar, Sosok Baru Dinantikan

Gosip kehadiran Daihatsu Xenia baru sudah berhembus lama. Setidaknya kabar itu sudah muncul sejak GIIAS 2017 lalu, ketika Daihatsu menampilkan sebuah mobil konsep yang disebut DN Multisix.

Kembali, Daihatsu DN Multisix dipamerkan di Tokyo Motor Show yang berlangsung 25 Oktober-5 November 2017 lalu.

 

 

President Director Daihatsu Motor Company, Ltd Koichiro Okudaira, mengungkapkan pihaknya masih melalukan survei. Dirinya mengakui, masih harus melakukan berbagai revisi, dan jika sudah cocok ada kemungkinan memasuki jalur produksi.

Survei memang sudah selayaknya dilakukan supaya produksi masal nantinya laku dipasaran. Contoh yang terbukti sukses adalah saat Mitsubishi memperkenalkan konsep XM di tengah GIIAs dua tahun lalu. Dan kini, Xpander masih masuk daftar tunggu konsumen.

Xpander sendiri lawan langsung Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza. Banyak orang bilang desain Xenia-Avanza langsung out of date selepas kehadiran Xpander.

Makanya banyak penggermar Daihatsu Xenia yang ingin sosok mobil baru. Minggu lalu ketika Otomotif Liputan6.com membuat polling, hasilnya 90 persen voters lebih suka dengan DN Multisix untuk menggantikan desain Daihatsu Xenia yang ada sekarang. Sementara hanya 220 orang yang masih suka dengan Xenia saat ini.

Artikel Selanjutnya
Makin Lengkap, Varian Baru Daihatsu Terios Bakal Muncul di GIIAS
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia Daihatsu Tidak Naikkan Harga Terios Anyar