Sukses

Sedan Futuristik Ini Gunakan Mesin Bensin Tercanggih

Liputan6.com, Detroit Infiniti memperkenalkan Q Inspiration Concept di Detroit Motor Show. Berbeda dengan mobil konsep kebanyakan yang mengandalkan motor elektrik sebagai penggerak. Q Inspiration Concept dilengkapi dengan mesin bensin turbo yang disebut VC-Turbo.

Mesin tersebut adalah mesin 4 silinder bensin dengan geometri yang dapat berubah. Mesin tersebut dapat merubah kompresi pada ruang mesin.

Infiniti mengklaim mesin tersebut memiliki tenaga seperti V6 bensin dengan torsi dan efisiensi layaknya mesin diesel 4-silinder. Ukurannya yang mungil menyisakan ruang kabin yang lebih lega.

Dilansir Topgear, Q Inspiration menggunakan sistem all-wheel drive. Namun, driveshaft ke roda belakang ditempatkan sedemikian rupa agar lantai mobil tetap rata.

Infiniti mengklaim penumpang maupun pengemudi dapat mengakses konten digital pada layar sentuh masing-masing. Uniknya, setiap pengguna akan memiliki suaranya masing-masing dan tidak saling bersinggungan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 3 halaman

Inilah Calon Mesin Bensin Tercanggih Sejagat, Apa Hebatnya?

Infiniti mempersiapkan diri untuk memperkenalkan QX50 di Los Angeles Auto Show mendatang. Mobil tersebut diklaim menggunakan mesin 2,0 liter 4-silinder berteknologi variable compression turbo (VC-T).

Dilansir Autonews, mesin tersebut merupakan mesin pertama di dunia yang mengadopsi variable compression. Teknologi tersebut dikembangkan oleh Nissan selama 20 tahun. VC-T dilengkapi perangkat yang dapat mengubah jarak main piston di dalam silinder hingga 6 mm.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Shinichi Kiga, Nissan chief powertrain engineer, mengungkapkan mesin VC-T diharapkan dapat menghantarkan efisien bahan bakar lebih baik 27 persen dibanding QX50s yang mengadopsi mesin 3,7 liter V6. Mesin VC-T sanggup memuntahkan tenaga 268 Tk dengan torsi puncak 390 Nm.

Bagaimana cara kerjanya? Pada mesin konvensional, rasio kompresi sudah tidak dapat berubah. Sedangkan, mesin VC-T dapat merubah jarak bermain piston, sehingga kompresi dapat berubah dari rasio 8:1 hingga 14:1.

Mesin tersebut hanya akan dipasangkan dengan transmisi berjenis CVT. Dikatakan mesin tersebut memiliki konsumsi bahan bakar 11,05 kpl.

Artikel Selanjutnya
Suzuki e-Survivor, Harmonisasi Desain Futuristik dan Retro
Artikel Selanjutnya
Pindah ke Everton, Wayne Rooney Jual BMW i8 Kesayangannya