Sukses

Datsun Cross Resmi Meluncur, Ini Harganya

Liputan6.com, Jakarta - Datsun Cross secara resmi melakukan penampilan perdananya di Indonesia pada hari ini. Crossover dari PT. Nissan Motor Indonesia tersebut menjadi jawaban dari pecinta otomotif yang sudah menanti-nanti satu jawaban yang dari pertama kali puncul saat Datsun menelurkan Go+, yaitu kehadiran transmisi otomatis.

Seperti saudaranya, Datsun Cross disemati mesin 1,2 liter dengan torsi puncak 104 Nm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT (Continuouly Variable Transmission) diklaim lebih halus dan efisien.

Eiichi Koito, Presiden Director NMI mengatakan, "Kendaraan harus menyenangkan, ini alasan kami membuat Datsun Cross. Dengan passion. Fungsi Cross melebihi alat transportasi, melainkan sebagai partner. Cross melambangkan karakter yang melebihi batas dan menuju petualangan baru."

"Datsun Cross didevelop untuk konsumen. Menciptakan segmen baru. Dengan ground clearance 200 mm dan pelek 15 inci cocok dengan kondisi di indonesia," sambungnya.

1 dari 3 halaman

Fitur dan Harga

Dari segi keselamatan, Datsun menyemati Vehicle Dynamic Control (VDC) dan juga Anti-lock Braking System (ABS). Fitur lainnya yang diunggulkan oleh Datsun Cross adalah kabin diklaim lebih senyap, serta kehadiran sistem hiburan berukuran 6,75 inci dengan layar sentuh.

Sebagai sebuah crossover, wajah Datsun Cross cukup menjanjikan. Perpaduan warna mobil dengan aksen hitam dengan perak pada bagian bumper memberikan kesan tangguh. Headlamp dengan sentuhan LED memberikan daya tarik sendiri. Penempatan foglamp di posisi yang tinggi memberikan kesan mobil siap menerjang rintangan.

Kesan tersebut berlanjut ke bagian samping, berkat overfender yang juga diberikan nuansa hitam. Sayangnya, bagian buritan mengingatkan pada varian Datsun lainnya, yaitu Go dan Go+. Meskipun disemati dengan aksen senada pada bagian bumper, tetap saja kesan tersebut tidak bisa hilang.

Datsun Cross dibanderol mulai dari Rp 163 juta. Pengiriman pertama mulai dari Maret 2018.

2 dari 3 halaman

Datsun Cross Dianggap Kemahalan

Pertengahan Januari nanti, Datsun Indonesia bakal merilis Datsun Cross. Tentu saja ini akan melengkapi pilihan model Datsun di Indonesia, setelah sebelumnya Go dan GO+ Panca lebih dulu hadir.

Harga resmi memang belum keluar. Namun banyak yang memperkirakan banderol model anyar ini di atas Rp 150 juta. Bahkan ada yang menyebut mulai Rp 160 juta.

Dalam polling otomotif sejak pekan lalu mengenai harga Datsun Cross, banyak yang beranggapan banderol di atas Rp 150 juta kemahalan.

Dari 450 lebih partisipan, 74 persennya bilang mahal. Sementara 20 persen di antaranya menyebut sesuai dan 6 persen sisanya menganggap murah.

Sekadar informasi, Datsun Cross pertama kali dikenalkan ke hadapan publik Indonesia pada GIIAS 2016.

Walau merupakan pengembangan dari Datsun Go+, namun Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Eiichi Koito, lebih suka mengatakan sebagai generasi baru compact crossover. Datsun ingin keluar dari zona mobil murah yang citranya sudah terbentuk lebih dulu.

"Tapi kami tidak pernah bilang bahwa Datsun itu khusus LCGC," kata Indriani Widjaja saat menjabat sebagai Head of Datsun Indonesia (27/1/2017).

Artikel Selanjutnya
Pemain Baru, Wuling Nikmati Masa Bulan Madu
Artikel Selanjutnya
Daihatsu Terios Baru Tembus 4 Ribu Unit, Tipe Apa Terfavorit?