Sukses

Datsun Cross, Mirip Versi Konsep atau Go+?

Liputan6.com, Jakarta Datsun Cross secara resmi melakukan penampilan perdananya di Indonesia kemarin (19/1/2018). Seperti saudaranya, Datsun Cross disemati mesin 1,2 liter dengan torsi puncak 104 Nm. Tenaga dari mesin yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) diklaim lebih halus dan efisien.

Memang transmisinya benar-benar baru. Namun, dari segi desain, apakah berbeda dengan Datsun yang lain?

 

 

Berdasarkan foto yang di atas, wajah Cross memiliki kesamaan dengan versi konsepnya. Meskipun headlamp-nya tidak setajam versi konsepnya, perlu diakui wajahnya meninggalkan kesan Go+. Terutama penempatan foglampnya.

Desain lainnya yang familiar dengan versi konsepnya adalah paduan warna hitam dan perak pada bagian bumper. Nuansa tersebut berlanjut ke bagian samping serta over fender. Spion yang digunakan oleh Cross tidak setajam versi konsepnya. 

Pada bagian pelek, meskipun tidak seagresif versi konsepnya. Pelek 15 inci pada Cross masih cukup pantas untuk crossover yang satu ini.

1 dari 4 halaman

Selanjutnya

 

Datsun Go+ 

Desain buritan milik Cross meninggalkan jauh versi konsepnya, terutama pada stoplamp. Bahkan, dengan penambahan nuansa bumper belakang berwarna hitam dengan paduan warna perak, kesan Datsun Go+ tidak bisa hilang. Lepaskan emblem CVT dan Cross, maka akan sulit untuk membedakan Cross dan Go+. 

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Datsun tidak pernah membocorkan bagian kabin Datsun Go Cross Concept. Kali ini Liputan6.com akan membahas bagian kabin baris pertama Cross dan Go+. 

Sekilas keduanya terlihat sama, namun pada Cross sudah disemati dengan beberapa perubahan. Tengok saja pada bagian kisi AC pada bagian tengah, kini modelnya mengotak. Headunit milik Cross menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan.

Perubahan lainnya adalah penempatan rem tangan, pada Cross kini berada di antara jok penumpang dan pengemudi. Panel instrumen terlihat lebih lengkap pada Cross, berkat adanya informasi putaran mesin.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Kabin Datsun Cross Datsun Indonesia

Kabin Datsun Go+ (Datsun Indonesia)

Melihat komposisi duduk baris kedua dan ketiga pada Cross mengingatkan Liputan6.com akan komposisi duduk 5+2 milik Go+. Pelipatan sandaran jok baris kedua sama-sama tidak bisa dibagi. Kursi baris ketiga tidak dilengkapi dengan headrest. Pihak Datsun sendiri mengatakan baris ketiga lebih cocok untuk digunakan anak-anak.

Setelah Anda melihat beberapa perbandingan di atas, menurut Anda Datsun Cross lebih mirip versi konsep atau Go+?

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Suzuki e-Survivor, Harmonisasi Desain Futuristik dan Retro
Artikel Selanjutnya
Gaya Yogya Dalam Mercedes-Benz E250 yang Akan Tampil di Jepang