Sukses

Mengenal BMW G 310 GS, Seberapa Tangguh untuk Berpetualang?

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengakomodasi bikers yang hobi berpetualang, BMW Motorrad Indonesia resmi menghadirkan BMW G 310 GS. Model ini sekaligus menjawab permintaan kebutuhan motor penjelajah, dengan harga yang lebih terjangkau.

PT Maxindo Moto, sebagai agen pemegang merek (APM) BMW Motorrad di Tanah Air, resmi membanderol BMW G 310 GS ini Rp 125 juta off the road.

Untuk desainnya, BMW G 310 GS ini terinspirasi dengan G 1200 GS namun dengan kapasitas mesin dan dimensi yang lebih kecil. Untuk kebutuhan jelajah dan penggunaan sekari-hari, motor ini dilengkapi wind protector yang memang tidak terlalu tinggi.

 

 

 

 

1 dari 6 halaman

Lengan Ayun

BMW G 310 GS ini juga memiliki lengan ayun yang lebih panjang dari BMW G 310 R, namun dengan jarak wheelbase sama. Dengan begitu, motor ini memiliki handling yang lincah, feedback yang baik dari bagian depan, dan tingkat keseimbangan yang lebih baik.

2 dari 6 halaman

Suspensi Depan

Memiliki mesin dan frame yang sama dengan BMW G 310 R, namun untuk suspensi depan upside down dan belakang solid die-cast alumunium swing arm dengan memiliki jarak pegas yang lebih panjang, yaitu 180 mm.

Selain itu, suspensi belakang motor ini bisa diatur preload-nya hingga 10 titik.

3 dari 6 halaman

Roda dan Pengereman

Untuk kaki-kainya, BMW G 310 GS memiliki profil ban yang lebih lebar, menggunakan Metzeler 110/80 R19 di depan serta 150/70 R17 di belakang.

Sistem pengereman menggunakan piringan cakram tunggal berdiameter 300 mm, 4 piston fixed caliper, radially bolted di depan. Dan untuk belakang, piringan cakram tunggal berdiameter 240 mm, single piston floating caliper. Berbeda dengan BMW G 310 R, untuk fitur ABS di motor ini sudah bisa diaktifkan dan dinonaktifkan.

4 dari 6 halaman

Mesin

BMW G 310 GS dipersenjatai dengan mesin berpendingin cairan, silinder tunggal berkapasitas 313 cc. Dengan mesin tersebut, motor ini mampu menghembuskan daya hingga 34 Tk pada 9.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 28 Nm pada 7.500 rpm.

5 dari 6 halaman

Desain dan Fungsional

Artikel Selanjutnya
Pindah ke Everton, Wayne Rooney Jual BMW i8 Kesayangannya
Artikel Selanjutnya
Lamborghini Aventador Bakal Dielektrifikasi, Apa Keuntungannya?