Sukses

Ban Sport Jangan Dipakai untuk Harian, Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai cara dilakukan pemilik mobil agar tunggangannya terlihat ciamik di jalanan. Tak hanya selalu bodi, modifikasi kaki-kaki juga dilakukan agar bergaya sporty.

Selain pelek, kaki-kaki yang membuat tampang mobil lebih sporty adalah penggunaan jenis ban, apalagi yang digunakan adalah tipe ban balap yang kerap digunakan untuk kebut-kebutan.

Meski telah menggunakan tipe sport, penggunaan untuk harian ternyata tidak dianjurkan. Setidaknya hal itu disebutkan Marketing Manager PT YHI Indonesia (Yokohama Indonesia), Tejo Andriastono.

Kata Tejo, alasan pertama ban sport tidak dianjurkan karena akan mengurangi kenyamanan berkendara.

“Karena memang bahannya, komponen bannya beda, dengan ban yang buat harian,” ucap Tejo saat ditemui Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Tejo menyatakan, biasanya ban tipe sport dibuat lebih keras. Hal ini karena bagian bahan compound juga dibuat keras, sehingga akan lebih berisik saat dipakai di jalanan.

Ban sport juga akan lebih cepat habis digunakan jika dibanding ban harian, karena compound khusus membuat gesekan dengan aspal lebih cepat.

Karena itu, harga ban sport dipastikan akan lebih mahal. Karena itu, ada baiknya menggunakan ban biasa yang memiliki alur lebih rapat.

 

1 dari 2 halaman

Kelebihan

Meski begitu, Tejo tak menampik penggunaan ban tipe sport dapat membuat gaya mengemudi lebih enak. Artinya, mobil akan lebih kencang terutama saat melakukan manuver.

“Yang suka sport nah itu cocok pakai ban yang sporty,” ucapnya.

Akan tetapi, jika Anda tetap ingin menggunakan ban tipe sporty, ada baiknya tidak kebut-kebutan di jalan raya, sebab hal ini akan membahayakan diri dan orang lain.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Apa Saja Manfaat Fairing pada Motor Sport?
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati Berkendara Dekat Truk, Area Ini Tak Terlihat Sopir