Sukses

Simak, Ini Perbedaan Cafe Racer, Bobber, Chopper dan Scrambler

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini bisa menjadi tahunnya motor kustom. Terlebih lagi baru-baru ini Presiden Joko Widodo membeli motor custom bergaya Chopper.

Banyak aliran motor kustom yang digandrungi para pecinta custom culture. Tentu saja aliran atau jenis-jenisnya beragam, mulai dari cafe racer, scrambler, bobber hingga chopper. Lalu apa saja perbedaannya?

Cafe Racer

Ciri motor beraliran cafe racer dapat dilihat dari tampilannya yang minimalis. Modifikasinya mengacu pada tampilan motor-motor Grand Prix era 50-an.

Biasanya motor custom yang satu ini mengenakan setang jepit serta model tangki yang sejajar dengan bagian ekor motor yang mengapit jok pengendara sehingga motor ini hanya bisa ditunggangi satu orang.

Zaman sekarang, para manufaktur sepeda motor telah memperhatikan minat konsumen yang tinggi terhadap model cafe racer.

Model ini bisa dilihat pada motor Triumph yang memiliki dua model cafe racer yakni Thruxton dan Street Cup, BMW dengan model R nine T Racer, Ducati Scrambler Cafe Racer, Yamaha XSR900 Abarth, Harley-Davidson XL1200CX Roadster, dan Royal Enfield Continental GT.

1 dari 4 halaman

Bobber

Dilansir dari Motorcycle-USA, aliran bobbed mengawali lahirnya modifikasi custom chopper di daratan Amerika Serikat (AS), yaitu negara yang memproduksi motor Harley Davidson. 

Pada bobber, umumnya melepas atau memotong fender depan dan belakang bertujuan membuat motor menjadi lebih ringan karena biasanya penampilan bobber terlihat bongsor dan terkesan sangat berat.

Biasanya motor ini enak digunakan untuk perjalan jauh, maka dari itu bobber juga memiliki khas menggunakan ban yang tebal. 

Seperti pada sepeda motor asal Amerika Serikat (AS), Indian Motorcycle, telah mengenalkan Scout Bobber 2018. Beberapa bagian pada motor ini didesain ulang, misalnya sepatbor depan dan belakang, velg dan knalpotnya juga baru. 

Motor ini hadir dengan setang berjenis street tracker dan dilengkapi dengan spion berjenis bar-end. Sedikit ke belakang, motor ini dilengkapi dengan jok tunggal dengan lapisan kulit tipis. Dibanding versi terdahulu, suspensi belakang lebih rendah 1 inci.

2 dari 4 halaman

Chopper

Chopper sangat mengutamakan penampilan motor dan karakter pengendaranya. Choppers juga memiliki kelebihan di bagian performa mesin.

Biasanya para builder selain mengubah total penampilan motor, mereka juga menyeting ulang performa mesin motor tersebut. Seluruh bagian motor mengalami perubahan yang signifikan terutama di bagian depan motor.

Pada bagian rangka motor diubah sudut derajat kemiringan fork depan, posisi duduk si pengendara juga diubah menjadi sangat rendah.

Pada bagian handle bars motor diganti dengan beragam type bars dari yang extreme high bars hingga ke extreme low bars.

3 dari 4 halaman

Scrambler

Aliran modifikasi motor kustom Scrambler biasanya menggunakan ban dual-purpose. Scrambler biasanya memiliki stang fatbar juga ground clearance dan posisi knalpot yang tinggi untuk memaksimalkan fungsi motor ini.

Kemudian tanki biasanya berbentuk bulat memanjang posisinya agak tidak datar. Lampu depan yang biasa digunakan memakai lampu bulat.

Artikel Selanjutnya
Suzuki e-Survivor, Harmonisasi Desain Futuristik dan Retro
Artikel Selanjutnya
Gaya Yogya Dalam Mercedes-Benz E250 yang Akan Tampil di Jepang