Sukses

Jadi Motor Patroli, Begini Spek BMW R1200GS Milik Kepolisian RI

Liputan6.com, Jakarta - Korps lalu lintas Polri telah membeli sebanyak 50 unit motor petualang BMW Motorrad, R1200GS. Motor ini, rencana bakal dijadikan kendaraan patroli, serta mendukung pelaksanaan event olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018.

Seperti yang sudah diunggah di akun Instagram @polantasindonesia, motor asal Jerman ini seperti sudah disiapkan. Bahkan, terlihat dari jejeran BMW R1200GS di sebuah ruangan, motor ini telah dilengkapi side box, sirene, dan tambahan aksesori lainnya, seperti stiker Polri.

Menurut Joe Frans, CEO BMW Motorrad Indonesia, tipe BMW R1200GS yang dibeli pihak kepolisian merupakan varian standar, yang memang tidak dijual secara ritel.

"Untuk yang pihak kepolisian lebih rendah sedikit dari Rallye. Jadi ada beberapa fitur yang tidak ada seperti Hill Start Assist (HSA)," jelas Joe di kawasan BSD, Tangerang, beberapa waktu lalu.

 

Lanjut Joe, untuk fitur BMW R1200GS pihak kepolisian memang bukan dikurangi. namun, untuk HSA ini memang hanya tersedia di Rallye dan Exclusive. Tapi, tetap saja fiturnya banyak," tegasnya.

Untuk diketahui, BMW Motorrad Indonesia menjual R1200GS dalam empat varian. Untuk paling rendah, R1200GS Rallye dengan banderol Rp 699 juta, R1200GS Exclusive dengan harga Rp 696 juta, R1200GS Adventure dilepas Rp 737 juta, dan R1200GS Adventure (TB) dijual Rp 750 juta (off the road).

BMW R1200GS dipersenjatai mesin berkubikasi 1.170 cc yang menghasilkan tenaga 125 Tk dengan torsi 125 Nm.

1 dari 3 halaman

Kawal Asian Games

BMW R1200GS tersebut rencananya akan digunakan jajaran anak buah Irjen Royke serbagai armada patroli.

Setidaknya bocoran sepeda motor tersebut bisa dilihat dari akun Instagram @polantasindonesia yang sebelumnya diunggah @fandydhea.

“BMW BMW BMW BMW BMW BMW BMW BMW BMW BMW Be Em We (Made In Germany),” begitulah keterangan yang diberikan akun @fandydhea dan @polantasindonesia.

Jika melihat bocoran foto yang beredar memang terlihat beberapa pria sedang melakukan pengecekan pada puluhan motor asal Jerman yang berjejer di sebuah ruangan.

Motor yang berbaris rapi itu sudah dicat dengan warna dasar hitam putih, mirip kendaraan patroli Polisi Indonesia. Selain itu, logo Kakorlantas Polri juga terpampang di bagian side box motor tersebut.

2 dari 3 halaman

Pro dan Kontra

Kehadiran BMW R1200GS menjadi armada polisi ini juga mendapatkan dukungan dari warganet.

@rajabashgoldkhan Hebat...BMW

@_sansyah Udh kaya di brazil mantab

@bayuihsann Bukan maenn pake gs semuahh. Asal kriminal di jalan bisa terbasmi mah mantap👌👌👌

@erick.sdss.17 Mantap habis....

@polrestegal Polantas indonesia makin provisional

@herryalexander75 Semoga dgn adanya fasilitas baru ini, pelanggaran Lalin dijalanan dpt lsg diambil penindakan 🙏 tentu nanti tdk digunakan u pengawalan mobil pribadi dll 😀 bkn bgitu @divisihumaspolri @polantasindonesia

Kendati demikian, ada juga yang belum menerima jika motor kelas menengah atas itu digunakan oleh polisi di Tanah Air.

@dewaramdias Apakah cocok buat di jakarta yang lalulintas nya padat??

@kertorahayu mau ngejar sapa Pak? rugi pake BMW. wong jalan macet... banyak lubang n banjir...

@a.r.a.p Buang2 Money Waduh

@r.sidiq @a.r.a.p bukan buang buang money tapi mengikutin alur jaman masa indonesia mau ketinggalann sama negara negara lain

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Pindah ke Everton, Wayne Rooney Jual BMW i8 Kesayangannya
Artikel Selanjutnya
Jualan Sedan Masih Loyo di Indonesia, Ini Model Terlarisnya