Sukses

Pembukaan Tol di Kalimantan, Jokowi Berencana Pakai Chopperland

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi berencana untuk mengendarai Chopperland miliknya saat pembukaan tol di Kalimantan. Pembangunan Tol Samarinda-Balikpapan tersebut ditargetkan selesai akhir 2018 mendatang.

Keinginan Jokowi tersebut disampaikan oleh pendiri Elders Garage, Heret Frasthio saat ditemui di bengkelnya beberapa waktu lalu. "Nanti ada undangan dari beliau, pembukaan jalan tol di Kalimantan. Pak Jokowi akan pakai motor ini dan dia mau mengundang komunitas," kata Heret.

Heret juga mengaku sempat ditanya oleh Jokowi, perihal kesanggupannya untuk membawa komunitas.

"Tadi sempat ditanya, bawa motor dan komunitas sanggup berapa orang? Saya bilang 30 orang bahkan lebih bisa. Nah beliau bilang 30 orang saja cukup. Nanti bilangnya tiga bulan sebelumnya akan dikabarkan buat rencana riding di Kalimantan itu," ujar dia.

Selain rencana Jokowi ke Kalimantan, Heret juga menceritakan salah satu anak Jokowi sempat ingin menjajal Chopperland tersebut.

"Tadi pas kami ngobrol, Pak Jokowi cerita, 'Masa saya baru beli motor, anak saya sudah bilang mau pakai'. Dilihat ini motornya bagus dan Pak Jokowi bilang mau pakai," tutur Heret.

Ia tidak menjelaskan lebih lanjut siapa dari tiga anak Jokowi yang ingin meminjam Chopperland seharga Rp 140 juta tersebut.

1 dari 2 halaman

Jokowi Beli Chopperland Karena Posisi Duduknya Nyaman

Motor custom garapan Elders Garage dan Kickass Choper resmi dipinang Presiden Joko Widodo. Motor yang disebut Chopperland ini, dibeli orang nomor satu di Indonesia itu dengan mahar Rp 140 juta.

Motor bergaya chopper dengan basis Royal Enfield Bullet 350cc ini sendiri, sudah diantar oleh para modifikator Tanah Air ke Istana Bogor, Sabtu (20/1/2018). Kedatangan motor berkelir emas ini, langsung diterima oleh Jokowi pukul 10:20 WIB.

Punggawa Kickass Chopper, Veroland menduga, ketertarikan Presiden terhadap motor custom-nya itu karena posisi setang yang agak tinggi.

"Chopper itu memang posisi duduknya lebih rendah, lebih santai tapi setangnya agak tinggi. Mungkin wajar juga Pak Jokowi tertarik, karena melihat posisi duduknya lebih santai aja daripada motor-motor lain," jelas Vero.

Lanjut Vero, Chopperland sendiri memang dibangun dengan banyak menggunakan produk lokal, seperti rangka dan jok. "Rangka dibuat di sini (Jakarta), sementara jok kulit buatan Bandung," ucap Vero.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi pertama kali melihat motor tersebut saat perayaan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2017 silam. Saat itu, Presiden sempat mencoba duduk di motor tersebut, hingga akhirnya jatuh hati dan langsung memesan motor tersebut.

 "Semula harganya Rp150 juta, saya tawar, jadinya Rp140 juta," tutur Jokowi.

Artikel Selanjutnya
Jokowi Ajak Menteri Basuki Jajal Chopper Jelajahi Kalimantan
Artikel Selanjutnya
11 Kritik PDIP untuk 100 Hari Anies-Sandi