Sukses

Jangan Lihat Harga, Jokowi Beli Chopper karena Karya Anak Bangsa

Liputan6.com, Jakarta - Pembelian motor kustom Chopperland oleh Presiden Joko Widodo baru-baru ini menjadi sorotan. Motor Jokowi berkelir emas garapan Elders Garage dan Kickass Choppers ditebus dengan mahar Rp 140 juta.

Pro dan kontra pun muncul di kalangan masyarakat terkait harga ini. Ada yang menilai harga tersebut mahal untuk sebuah motor, tidak sedikit yang merasa wajar dengan banderol tersebut.

Menanggapi hal itu, builder kawakan Lulut Wahyudi menyebut, banyak orang yang terjebak pada opini soal harga. Menurut dia, bukan harga yang seharusnya dikomentari.

"Sebenarnya masyarakat gagal menangkap saat terjadi opini itu. Waktu Presiden membeli semestinya masyarakat itu melihat apa yang dilakukan oleh Presiden bukan membeli motor tetapi membeli sebuah karya anak bangsa," terang Lulut kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon.

"Kalau polemik kemudian mengatakan Rp 140 juta itu sangat mahal seperti yang berkembang seperti sekarang ini, itu orang yang tidak mengerti, karena apa kalau mau murah datang ke salah satu dealer saja. Kalau beli chopper, itu kan karya di atas motor," tambahnya.

Pentolan Retro Classic Cycles yang bermarkas di Yogyakarta itu mengatakan, motor kustom karya anak bangsa saat ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, di beberapa arena kompetisi internasional, motor hasil karya builder Tanah Air sukses mengharumkan nama Indonesia.

"Karya anak bangsa di luar negeri sudah dihargai seharusnya di dalam negeri juga dong," katanya.

Sebagaimana diketahui, pada akhir tahun lalu dua motor kustom garapan Puspa Kediri Custom dan Queenlekha Choppers berhasil meraih penghargaan di Yokohama Hot Rod Custom Show ke-26, di Pacifico, Yokohama, Jepang.

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Paing Saddewa, motor berbasis Honda CBR250 garapan Puspa Kediri Custom ini meraih penghargaan dari Chopper Journal sebagai motor terbaik. Adapun HD Sportster karya Queenlekha Choppers merebut penghargaan dari FKC-Free Kustom Cycles Mooneyes Spanyol.

Bahkan pada akhir pekan lalu, dua motor kustom yakni The Greatest Bike Suryanation Motorland 2017 milik Lufti Ardika dan Harley Davidson Softail Evolution full stainless steel milik Andika Pratama terpilih menjadi nominasi untuk 10 motor terbaik pilihan dewan juri dan berkesempatan mendapatkan gelar The King of Motor Bike Expo 2018.

Tentu saja ini menjadi bukti bahwa perkembangan dunia kustom Tanah Air berkembang pesat dan potensial. Ketertarikan masyarakat terhadap dunia kustom juga makin besar, itu dapat dilihat saat penyelenggaraan Kustomfest sebagai "Lebarannya" pecinta kustom kultur yang dihadiri lebih dari 25 pengunjung selama dua hari penyelenggaraan.

Artikel Selanjutnya
Jokowi Ajak Menteri Basuki Jajal Chopper Jelajahi Kalimantan
Artikel Selanjutnya
Top3: Legalitas Motor Jokowi dan Aksi Bakar Motor