Sukses

Merasakan Performa Daihatsu Terios Bermesin Avanza

Liputan6.com, Padang - Salah satu sport utility vehicle (SUV) PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Terios, telah mendapatkan penyegaran baru. Kini, generasi paling anyar dari kembaran Toyota Rush ini mendapatkan ubahan mulai dari eksterior, interior, dan mesin.

Setelah diluncurkan 23 November 2017 lalu, PT ADM kemudian mengajak 32 jurnalis dari media otomotif nasional, termasuk Liputan6.com untuk mencoba all new Daihatsu Terios ini. Pengujian ini dilakukan di Padang, Sumatera Barat, dan menempuh jalur yang cukup menantang di ranah minang.

"Nanti teman-teman media bisa mencoba langsung performa Daihatsu Terios baru. Dengan jalan yang beragam, mulai dari jalur perkotaan dan tanjakan atau turunan," jelas Amelia Tjandra, Marketing Direktur PT ADM, di sela-sela media test drive all new Daihatsu Terios.

Dalam pengujian etape pertama, Liputan6.com mendapatkan unit Daihatsu Terios tipe R M/T Deluxe, dan langsung menjadi pengemudi untuk menuju arah selatan Padang, Sumatera Barat.

Lalu, bagaimana rasanya performa Daihatsu Terios anyar ini? Mari kita bahas satu-persatu:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Eksterior

Eksterior

Tampilan Daihatsu Terios anyar memang lebih mewah. Namun, Liputan6.com melihat model ini jadi lebih seperti MPV dibanding SUV, dengan pilar tegak lurus yang tidak ditemukan di mobil ini, namun lebih ke arah desain yang membulat.

Kesan tangguh, ada di bagian bumper, gril, dan headlight yang dilengkapi LED di bagian depan dan belakang. Tidak lupa, di sektor kaki-kaki, Daihatsu Terios anyar mendapatkan pelek berdesain baru.

3 dari 6 halaman

Interior

Interior

Setelah membahas eksterior, mari kita menuju kabin Daihatsu Terios. Sebagai pengemudi, saat duduk di jok berbahan fabric tidak terlalu istimewa. Meskipun cukup empuk, namun seperti tidak memeluk badan dengan sempurna.

Pengaturan jok lebih mudah, dengan bisa diatur sudut kemiringannya (reclining), dan ketinggiannya, serta digeser maju-mundur untuk disesuaikan di posisi ideal.

Sementara bagian kemudi, hanya bisa diatur tilt steering dan belum teleskopik. Walaupun, posisi berkendara tetap nyaman, terlebih dengan fitur yang luar biasa, dan pengaturan tombol di roda kemudi.

4 dari 6 halaman

Fitur Berlimpah

Fitur Berlimpah

Untuk menghadirkan mobil yang bisa menggebrak pasar, Daihatsu menghadirkan fitur yang cukup banyak di Terios baru. Namun, yang paling menarik fitur Around View Monitor (AVM) alias kamera 360 derajat menemani Rear Parking Camera.

Selain itu, tidak menjadi repot ketika menghidupkan mesin Daihatsu Terios, hanya dengan start-stop engine. pengaturan ac digital, dan sistem infotainment dengan layar sentuh.

SUV ini juga dilengkapi fitur keselamatan, seperti anti lock brake system (ABS), electronic brakeforce distribution (EBD), vehicle stability control (VSC) dan hill start assist (HSA).

5 dari 6 halaman

Performa

Ketika menguji Daihatsu Terios, dari bandara Minangkabau menuju bukit Nona, Liputan6.com merasakan performa mesin Toyota Avanza, yakni 2NR VE, DOHC dual VVTI, 4 silinder berkapasitas 1.498 cc yang mampu menghasilkan daya hingga 102 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm, dengan transmisi manual.

Untuk akselerasi, tarikan bawah mobil ini sudah sangat agresif, dengan kopling yang halus. Begitu juga dengan pengendaliannya.

Bahkan, jalur yang dilewati dengan kontur yang menanjak, tidak jadi masalah bagi Daihatsu Terios baru ini. Meskipun berjenis SUV, namun gaya berkendara di Daihatsu Terios ini memang lebih mengarah ke MPV, dengan posisi berkendara yang tidak terlalu tinggi.

Sementara itu, untuk permasalahan yang terjadi di Daihatsu Terios lawas, yaitu limbung, sudah cukup berkurang. Bahkan, bantingan suspensi mobil ini ketika menghajar lubang dan jalanan rusak, memang tidak terlalu empuk, tapi cukup nyaman dengan kategori medium.

Nah, untuk kekedapan area kabin, memang sudah lebih baik, namun saat berada di belakang kemudi, suara raungan mesin masih terdengar jelas. Namun, hal tersebut masih bisa ditoleransi, karena suara noise dari luar memang tidak terdengar.

6 dari 6 halaman

Kesimpulan

Kelebihan

Eksterior sporty

Interior mewah

Performa mumpuni dan lebih irit karena menggunakan mesin Avanza

Fitur berlimpah

Suspensi lebih stabil, namun sedikit keras

Kekurangan

Posisi berkendara seperti MPV

Jok tipis dan tidak memeluk badan sempurna

Kurang senyap

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.